Kamis, Juli 7, 2022
BerandaNewsRegionalVaksinasi Lansia di Gresik: Dosis Pertama 76,54 Persen, Dosis Dua 53,33 Persen

Vaksinasi Lansia di Gresik: Dosis Pertama 76,54 Persen, Dosis Dua 53,33 Persen

NUSADAILY.COM – GRESIK – Akselerasi vaksinasi untuk lansia terus diupayakan oleh Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Gresik bersama Forkopimda, agar capaian vaksin bisa maksimal. Sehingga, kekebalan kelompok (herd immunity) bisa terwujud untuk menekan risiko penyebaran Covid-19.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati (Wabup) Gresik Aminatun Habibah. Dirinya berharap akselerasi vaksinasi bagi lansia terus digencarkan dengan tujuan kekebalan tubuh masyarakat di Kabupaten Gresik.

Bu Min, sapaan akrab Wabup Gresik, menginginkan agar Dinas Kesehatan terus memantau perkembangan vaksinasi. Menurut laporan yang diterima, persentase vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Gresik hingga hari ini sudah mencapai 76,54 %.

BACA JUGA: Capain Vaksinasi Lansia Kurang dari 40 Persen, PPKM Magetan Bertahan di Level 3

Dan dosis dua sudah mencapai 53,33 %. Itu artinya bahwa Kabupaten Gresik telah memasuki level dua terhadap capaian vaksinasi.

“Kita sudah memasuki level dua untuk capaian vaksinasi. Jadi saya berharap agar akselerasi guna percapatan target vaksinasi harus terus digencarkan,” ujar Wabup Bu Min.

Sementara capaian vaksinasi untuk lansia, sudah memasuki angka 64,58% atau sekitar 70 ribu lansia di Gresik sudah menerima vaksin. Masih ada sekitar 30 ribu lansia yang belum menerima vaksin.

Hal itu disebabkan karena sejumlah faktor. Diantaranya adalah kmasyarakat dikalangaan lansia enggan divaksin. Ada pula karena factor kormobid atau penyakit penyerta, sehingga belum boleh menerima suntikan vaksin.

”Saya minta kepada Dinas Kesehatan untuk segera melakukan tracing dan pendataan bagi lansia yang siap menerima vaksin,” kata Bu Min, Selasa (2/11/2021).

Sementara itu, di lingkup UPT Puskesmas Panceng petugas gencar melakukan vaksinasi. Bahkan, di wilayah itu petugas harus door to door agar para lansia mau divaksin. 

“Kami menjemput bola, vaksin para lansia di rumah mereka. Kita juga rutin adakan vaksin di tiap desa,” terang Kepala UPT Puskesmas Panceng dr Wiwik Susanti.

BACA JUGA: Dinkes Kendari Sebut Vaksinasi Kelompok Lansia Capai 9.651 Orang

Dokter Wiwik menyampaikan, keterlibatan tiga pilar ini untuk membantu melakukan tracing. Pihaknya mendata dan mensosialisasikan kepada para lansia yang akan disuntik bahwa vaksinasi.

“Kami beri edukasi bahwa vaksin ini penting,” tutupnya menanggapi vaksinasi Covid-19 di Gresik untuk lansia terus dimasifkan.(fan/lna)

BERITA KHUSUS

Sampaikan LPJ APBD 2021, Gus Ipul: Jadi Motivasi Tingkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Kinerja Keuangan

NUSADAILY.COM – KOTA PASURUAN – DPRD Kota Pasuruan menggelar Rapat Paripurna I dengan agenda Penyampaian Nota Keuangan Raperda tentang Pertanggungjawaban (LPJ) Pelaksanaan APBD Kota...

BERITA TERBARU

4 Inovasi Pesawat Mewah untuk Penerbangan Masa Depan

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Beberapa maskapai dan perusahaan di dunia memperkenalkan beragam desain pesawat terbaru mereka. Mulai dari bangku kapsul hingga desain mewah seperti...