KWB Nusantara Adventure 6 Bawa Manfaat Ganda Kota Batu

KWB Nusantara Adventure 6 Bawa Manfaat Ganda Kota Batu
Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai memberangkat ribuan rider motor trail peserta KWB Nusantara Adventure 6 di halaman Balai Kota Among Tani. Event akbar otomotif yang digelar rutin setiap tahun ini digagas Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu.

NUSADAILY.COM-KOTA BATU- Suara mesin dari ribuan motor trail meraung-raung di halaman Balai Kota Among Tani Kota Batu pada Minggu pagi (5/11). Para rider motor trail dari penjuru Nusantara terlihat begitu antusias ingin berjelajah menyusuri sudut-sudut Kota Batu. Sekaligus memacu adrenalin menaklukkan trek-trek yang menantang sepanjang 65 kilometer pada gelaran KWB Nusantara Adventure 6.

Event akbar otomotif yang digelar setiap tahun ini digagas Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu. Perhelatan itu sekaligus menjadi salah satu rangkaian acara menyemarakkan HUT ke-22 Kota Batu. Serta menjadi strategi untuk meningkatkan arus kunjungan wisatawan yang ditargetkan sebesar 10 juta wisatawan di tahun 2023.

Kepala Disparta Kota Batu, Arief As Siddiq menuturkan, event semacam ini cukup ampuh untuk menarik tingkat kunjungan wisatawan. Karena para rider yang berpartisipasi pastinya juga mengajak keluarga maupun kerabat. Diperkirakan, ada sebanyak 3.000 rider motor trail yang berpartisipasi pada KWB Nusantara Adventure 6.

"Komitmen kami memulihkan perekonomian melalui sektor pariwisata. Termasuk bisa mempromosikan desa-desa wisata. Karena para rider nantinya akan melintasi rute-rute yang menawarkan potensi-potensi desa wisata,” ujar Arief.

Arief menuturkan, panitia menyiapkan dua rute. Yakni rute panjang sejauh 65 kilometer dan rute pendek sejauh 30 kilometer. Selain itu, panitia menyiapkan puluhan door prize menarik. Mulai dari satu unit Mobil Ayla keluaran terbaru, tiga unit motor trail, tiga unit sepeda motor matic, satu paket umrah, hadiah uang tunai Rp1 juta untuk 10 orang dan hadiah-hadiah menarik lainnya.

“Apabila ditotalkan, jumlah hadiah seluruhnya yang kami bagikan ke peserta lebih dari Rp300 juta,” imbuh dia.

Ribuan rider motor trail dilepaskan Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai dari titik start yang berada di Balai Kota Among Tani. Kemudian mereka melanjutkan perjalanan melibas trek menantang di Gunung Panderman.  Dari situ, para rider melaju ke wanawisata Coban Rondo yang menjadi rute selanjutnya. Kemudian menuju wisata Paralayang-Desa Punten-Desa Tulungrejo-Desa Pandanrejo dan finish di Balai Kota Among Tani.

"Di Desa Tulungrejo, diarahkan melewati lintasan lereng Gunung Arjuno dan Coban Talun. Panitia juga menyediakan hadiah bagi peserta yang berhasil menaklukkan tanjakan menantang," imbuh Arief.

Sementara itu, Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, menuturkan, event otomotif ini begitu dinantikan para rider motor trail. Hal itu terlihat dari antusias peserta yang datang dari berbagai daerah. Mereka juga mengajak keluarga maupun kerabat sembari berwisata di Kota Batu. Sehingga membuka peluang besar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Peserta bisa tembus 3.000 lebih ini sangat luar biasa. Peserta ini membawa komunitas dan keluarganya. Tentu berdampak positif bagi kondisi ekonomi masyarakat Kota Batu," tutur Aries.(oer/adv/wan)