Senin, November 29, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalPemkot Malang Kaji Rencana Hotel, Resto, dan Kafe Ikut Terapkan Aplikasi Peduli...

Pemkot Malang Kaji Rencana Hotel, Resto, dan Kafe Ikut Terapkan Aplikasi Peduli Lindungi

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – MALANG – Saat ini, sektor ekonomi di Kota Malang sudah mulai dilonggarkan seiring adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 3. Salah satunya, dengan pembukaan pusat perbelanjaan atau mal. Meski demikian, ada persyaratan khusus yang harus dipatuhui.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Selain wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat, pengunjung mal wajib melakukan vaksin covid-19. Kemudian, para pengunjung wajib melakukan check in melalui aplikasi peduli lindungi, sebagai bentuk skrining awal. Tak menutup kemungkinan, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang akan memberlakukan aturan yang sama bagi sektor lainnya, yakni hotel, restoran, kafe, pariwisata dan lainnya. Sehingga, diharapkan, ekonomi masih bisa terus berjalan di tengah pandemic covid-19, namun tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Berangkat dari Mal, nanti kami harapkan bisa diterapkan ke tempat-tempat lain Insya Allah dalam waktu dekat. Kami masih menganalisa apa yang harus disiapkan dan lainnya. Kita akan kuatkan itu,” terang Wali Kota Malang, Sutiaji, Rabu (1/9/2021).

BACA JUGA: Pemkot Malang Pastikan Mal Siap Beroperasi Kembali

Namun, sampai saat ini, hal tersebut masih dikaji lagi. Sebab, pandemi Covid-19 tidak bisa disepelekan, ketika ranah perekonomian dibuka maka perlu adanya kesiapan yang memadai di masing-masing tempat.

Apalagi, harapannya, penggunaan aplikasi peduli lindungi juga bisa diterapkan di pasar rakyat hingga retail modern. Karena itu, pihaknya dalam waktu dekat ini masih akan mengumpulkan komunitas, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Malang, Asosiasi Pengelolaan Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Malang, dan pedagang untuk membahas hal tersebut.

“Dalam waktu dekat kami akan undang seluruh Forpimda, komunitas, PHRI, APPBI, pedagang dan lainnya perwakilan saja. Nanti bagaimana supaya mencontoh untuk aplikasi peduli lindungi itu juga bisa diterapkan di retail modern. Itu untuk menjaga aja supaya masyarakat sadar, bahwa kita masih dalam kondisi pandemi,” jelas dia.

BACA JUGA: Ini Wilayah Jawa-Bali Terapkan PPKM Level 2-4 hingga 23 Agustus, Malang Raya Berkutat di Level 4

Namun, untuk penerapannya, Pemkot Malang juga akan menghadirkan epidimolog berkaitan dengan penerapan aplikasi peduli lindungi yang juga akan dilakukan di area kafe dan resto.

“Iya (termasuk kafe dan resto), tapi ini belum clear, nanti semua akan kita hadirkan epidimolog juga, orang yang ahli masalah penyakit menular juga,” pungkas dia. (nda)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR