Rabu, September 28, 2022
BerandaNewsMetropolitanImbas Harga Anjlok, Petani Sawit Ramai-ramai Jual TBS ke Malaysia

Imbas Harga Anjlok, Petani Sawit Ramai-ramai Jual TBS ke Malaysia

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Petani sawit Indonesia ramai-ramai menjual tandan buah segar (TBS) sawit ke Malaysia. Hal tersebut dipicu anjloknya harga komoditas tersebut di dalam negeri.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Kejadian itu diketahui dari video yang diunggah akun Instagram @majeliskopi08 pada Sabtu (2/7). Dalam video tersebut tampak beberapa truk pengangkut sawit yang sedang terhenti di sebuah jalan.

BACA JUGA : Petani Sawit Minta Pemerintah Atur Ulang Harga TBS

“Kita mau bawa buah ke Malaysia, kita bawa hari ini 30 ton, soalnya harga buah di Indonesia seperti kata-katanya Indra Kenz ‘Wah murah banget’,” kata seorang pria dalam video tersebut.

Sementara itu dikonfirmasi secara terpisah, Ketua Umum Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Gulat Manurung membenarkan aksi jual tersebut. Ia mengatakan para petani memang menjual TBS ke Malaysia karena harganya yang lebih tinggi.

BACA JUGA : Larangan Ekspor Sawit Dicabut, Anggota Komisi IV DPR Berharap Harga Minyak Goreng Stabil

Penjualan dilakukan para petani sawit di provinsi yang berbatasan dengan negeri tetangga, seperti Kalimantan Utara dan Kalimantan Tengah.

“Memang secara aturan regulasi itu tidak dibenarkan. Tapi mau bagaimana lagi. PKS (pabrik kelapa sawit) banyak sudah menolak TBS pekebun, bahkan sudah banyak yang tutup. Sementara petani sawit harus melanjutkan hidup dan membiayai keluarganya,” kata dia kepada CNNIndonesia.com, Senin (4/7).

BACA JUGA : Petani Bakal Semangat, Zulhas Pastikan Harga TBS Sawit Akan Naik

Gulat menuturkan perbedaan harga yang cukup signifikan menjadi salah satu penyebabnya. Di Malaysia harga TBS masih berada di kisaran Rp3.500 hingga Rp4.500 per kg.

BERITA KHUSUS

Tujuh Poktan Situbondo Bakal Dapat Bantuan Alat Jemur Tembakau

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelontorkan anggaran dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2022 sekitar Rp180 juta. Duit jumbo...

BERITA TERBARU

Karier Harry Maguire di MU Sudah di Ujung Tanduk?

NUSADAILY.COM - MANCHESTER - Legenda Liverpool, Jamie Carragher beri kritik kepada Harry Maguire. Katanya, bek tengah itu sudah habis waktunya di Manchester United untuk...