Terima Duta Besar Jepang yang Baru, Menteri LHK Harapkan MoC dapat Diselesaikan

  • Whatsapp
Menteri Siti Nurbaya saat menerima duta besar Jepang yang Baru Mr Kanasugi Kenji.
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JAKARTA
Menteri lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar mengatakan Indonesia dan Jepang saat ini berada dalam fase negosisasi pembaruan nota kerja sama /Memorandum of Cooperations (MoC) di bidang lingkungan hidup.

Baca Juga

Oleh sebab itu dirinya berharap MoC tersebut dapat segera diselesaikan agar implementasi dapat dilaksanakan dengan secepatnya.

Hal tersebut disampaikan dirinya saat menerima duta besar Jepang yang baru untuk Indonsia Mr. Kanasugi Kenji yang sebelumnya dijabat oleh Mr. Ishii Masafumi di Jakarta Kamis 6 Mei 2021 kemarin.

Dikesempatan tersebut menteri Siti menjelaskan, jika ia dan Menteri Lingkungan Hidup Jepang telah menanda tangani MoC tentang Enviromental Cooperation pada 10 April 2017 silam yang masa berlakunya hingga 10 April 2021.

“ saya berharap kita segera menyelesaikan proses negosiasi dan melanjutlkan penandantanganan MoC yang akan berfungsi sebagai Platfom yang baik untuk kerja sama kita di bidang lingkungan Hidup,” ujar menteri yang akrab disapa Siti itu.

Dikesempatan tersebut Menteri Siti menambahkan jika pembahasan pembaharuan Moc telah dilakukan oleh pihak Indonseia dan Jepang dengan usulan area kerjasama baru, yaitu bidang pengendalian pencermaran (udara,tanah, dan air).

Bukan hanya itu, lanjut Menteri Siti dimasukkan pula pengendalian pencemaran laut, perubahan iklim, manajemen zat berbahaya,limbah padat (termasuk kota ramah lingkungan), limba berbahaya, dan promosi parawisata serta kawasan konseevasu lainnya.

Menteri Siti Ucapkan Selamat Bertugas

Sebelumnya, Menteri Siti juga mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada duta besar Jepang yang baru.

“ Saya menyambut Anda di Indonesia dan berharap kita dapat bekerja sama ya g lebih bermanfaat anta Indonesia dan Jepang dibidang Lingkungsn Hidup dan Kehutanan,” Ujar Menteri Siti kepada tamunya.

Atas penyambutan tersebut, Duta besar jepang yang baru sangat berterima kasih kepada Menteri Siti Nurbaya, dan dia berharap kerjasama Indonesia dan Jepang akan semakin erat.

Hadir mendampingi Menteri LHK dalam pertemuan ini Direktur Jenderal PPI, Laksmi Dhewanti; Direktur Jenderal PSLB3 Rosa Vivien; Plt. Direktur Jenderal PPKL Sigit Relianto; Kepala Badan Litbang dan Inovasi, Agus Justianto; dan Plt. Kepala Biro KLN KLHK..

Sementara itu yang mendampingi Duta Besar Jepang, Mr. Kazuhiko Shimizu, Counsellor for Economic & Development;
Mr. Manabu Hasegawa, Forestry Attache;
Mr. Inoue, Health &Waste Management Attache; dan Ms. Moe Tsumura, Ambassador’s.(sir/aka)