Memanjakan Mata di Tiga Nusa di Bali, Serasa Berada di Tepian Surga

  • Whatsapp
nusa bali
Angel’s Billabong di Nusa Penida, Bali. (iStockphoto/Bicho_raro)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – DENPASAR – Bila ingin memanjakan mata hingga serasa berada ditepian surga, datanglah ke tiga Nusa yang ada di Bali. Nusa Dua bukan satu-satunya ‘nusa’ yang bisa dikunjungi di Bali.

Sejatinya, ‘nusa’ ialah pulau kecil. Untuk wisata island hopping yang hakiki, turis bisa mengunjungi Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan.

Baca Juga

Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan masuk dalam wilayah Kabupaten Klungkung, satu dari delapan kabupaten yang ada di Pulau Dewata.

BACA JUGA: Dive Travel Awards 2020: Wisata Selam Indonesia Peringkat Teratas Dunia 4 Kali Berturut-turut

Tiga ‘nusa’ ini terpisah dengan pulau utama Bali oleh Selat Bali. Tebing batu kapur dan air laut jernih berwarna bak biru turkis menjadi pemandangan utama di sana. Kegiatan menyelam sudah pasti bisa dilakukan di sini, karena kekayaan alam bawah lautnya yang masih sangat terjaga.

Cara menuju Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan bisa dilakukan dengan penyeberangan kapal dari Pantai Sanur, Pelabuhan Padang Bai, atau Pelabuhan Benoa. Tarifnya beragam, tergantung dari jenis kapal dan durasinya. Kapal cepat tentunya lebih mahal sedikit karena lebih cepat sampai.

Berbeda dengan Uluwatu, Seminyak, Canggu, atau Ubud, belum banyak transportasi umum di tiap pulau. Turis bisa menyewa mobil atau motor untuk keliling pulau.

Sama seperti wisata di kawasan Bali lainnya, turis yang ingin bertualang di Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan wajib menjaga kesantunan, terutama saat mengunjungi tempat yang disakralkan di sana.

Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tak membuang sampah sembarangan.

Ada banyak pantai yang bisa dikunjungi di tiga nusa ini, tapi sebagian besar berkarang terjal dan berombak besar. Jangan nekat menjejak area berbahaya hanya demi selfie.

BACA JUGA: Ini 9 Tempat Wisata Terindah di Indonesia, Rekomendasi Liburan Akhir Tahun

Dirangkum secara singkat, berikut tiga nusa di Bali berikut objek wisatanya:

1. Nusa Penida

nusa bali
Crystal Bay Beach. (iStockphoto/kurmyshov)

Pemandangan Pantai Kelingking di Nusa Penida menjadi foto terpopuler versi Kemenparekraf pada tahun ini. Rasanya kita bisa sepakat dengan pernyataan tersebut, mengingat panorama pantai dibingkai tebing di sini amatlah mengesankan.

Selain Pantai Kelingking, objek wisata lain yang juga bisa dikunjungi saat ke Nusa Penida ialah Pantai Atuh, Pasih Uug (Broken Beach), Crystal Bay Beach, Angle’s Billabong, Air Mata Guyangan, Pantai Andus (Smoke Beach), Pantai Toya Pakeh, Pantai Banah, dan Pantai Suwehan.

Selain wisata pantai, turis juga bisa berwisata alam lainnya, seperti ke Paluang Cliff, Bukit Teletubbies, Air Terjun Seganing, dan Gua Giri Putri.

2. Nusa Lembongan

nusa bali
Devil’s Tear Nusa Lembongan – Photo By Dian Schuurkamp

Dikenal sebagai pulau backpacker, memang ada banyak tempat penginapan dan tempat makan dengan harga terjangkau di Nusa Lembongan. Pilihan wisatanya juga tak kalah beragam dari Nusa Penida.

Yellow Bridge atau Jembatan Kuning, yang menghubungkan Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan, menjadi “objek wisata” paling populer di sini. Jembatan ini sempat runtuh pada Oktober 2016.

Jembatan Kuning yang juga disebut Jembatan Cinta ini bisa dikunjungi di salah satu pantai Nusa Lembongan, yakni Mushroom Beach.

Untuk wisata pantai di Nusa Lembongan, turis bisa mengunjungi Dream Beach, Pantai Jungut Batu, Pantai Lebaoh, dan Sunset Beach.

Menyambangi Devil’s Tears, Panorama Point, dan hutan mangrove bisa jadi pilihan objek wisata alam lainnya di Nusa Lembongan setelah puas wisata pantai.

3. Nusa Ceningan

nusa bali
The Blue Lagoon on Nusa Ceningan by bemytravelmuse.com

Masih belum terlalu populer dibandingkan Nusa Penida dan Nusa Lembongan, sebenarnya Nusa Ceningan juga menawarkan objek wisata alam yang tak kalah menarik dibanding dua pulau tersebut.

Kalau sudah puas berfoto di Jembatan Kuning, silakan melangkahkan kaki ke Secret Beach untuk wisata pantai.

Bagi yang ingin menantang adrenaline, bisa loncat bebas dari Cliff Jump Point, surfing di Mahana Point, atau meluncur dari kabel di Abyss Zipline.(han)