Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita KhususKota Malang Raih Anugerah Parahita Ekapraya dari Kementerian PPPA

Kota Malang Raih Anugerah Parahita Ekapraya dari Kementerian PPPA

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – MALANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mendapat penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Rabu (13/10/2021). Sebab, Kota Malang dinilai telah responsive terhadap persoalan kesetaraan gender.

Wali Kota Malang, Sutiaji bersyukur Kota Malang bisa meraih penghargaan tersebut. Namun pihaknya berkomitmen akan menguatkan program program yang ada untuk bisa mendapat penghargaan dengan tingkat yang lebih tinggi.

“Kita bersyukur mendapatkan penghargaan itu. Tapi masih akan kita kuatkan lagi, karena ini masih pratama. Kemarin kita masih terkendala dengan Peraturan Daerah. Harapan kami kalau sekarang pratama, ke depan harus madya, kemudian nanti terakhir ke utama. Kami bersyukur, tapi kami tidak berpuas diri,” jelas dia.

BACA JUGA: Pemkot Melalui Baznas Kota Malang Serahkan Bansos dan Healthy Kit

Dalam penilaian APE tersebut, salah satu indikator penilaiannya adalah prioritas anggaran untuk program penyetaraan gender di Kota Malang menjadi indikator utama.

“Jadi di anggaran, ibaratnya jangan hanya ngomong doang. Pemerintah Kota ini seberapa konsen terhadap ini, itu kan bukan hanya omongan saja. Apa komitmennya, anggarannya berapa dan sektor mana saja,” jelas dia.

Untuk itu, pihaknya terus melakukan upaya untuk melakukan penguatan. Salah satunya, dengan engagendakan rapat koordinasi untuk memperkuat keutamaan kesetaraan gender di Kota Malang.

BACA JUGA: Dukung Kota Malang Ramah Lansia, Baznas Geber Program Catering Berkah

Tujuan akhirnya, bisa menghasilkan regulasi sebagai payung hukum dalam mewujudkan kesetaraan gender yang lebih ideal.

“Upaya ke depan partisipasi masyarakat kita kuatkan. Bukan hanya untuk Dinas Sosial, tapi akan masuk kepada semua OPD. Karena akan ada penguatan penguatan di masing masing OPD,” jelas dia.

Selain itu, pihaknya juga akan menguatkan kolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat dalam mewujudkan kesetaraan gender di Kota Malang.

“Tidak ada yang namanya gender, tidak ada yang namanya kekerasan dalam rumah tangga, atau masalah anak yang terputus sekolah dan lainnya,” tandas dia.

BACA JUGA: Wali Kota Malang Beri Dukungan Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos – P3AP2KB) Kota Malang, Penny Indriani menambahkan bahwa indikator penilaian lainnya yang juga menjadi prioritas adalah kepedulian terhadap perempuan.

“Jadi kepedulian terhadap perempuan di Kota Malang juga menjadi indikator prioritas, intinya disitu,” kata dia.

Menurutnya, capaian penghargaan APE tingkat pratama ini sudah sangat membanggakan lantaran Kota Malang terbilang masih baru dalam mengikuti dan mengimplementasikan program tersebut.

“Selanjutnya kedepan, yang jelas supaya naik ke tingkat lebih tinggi lah. Peraturan peraturannya diperkuat, Perdanya kita sudah ada, tinggal masuk aja,” pungkas dia.(nda/lna)

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA KHUSUS

@nusadaily.com

Akhir-akhir ini Kota Malang panas banget nih, ngadem dulu yuk🍦🍦 ##tiktoktaiment

♬ Happy Ukulele - VensAdamsAudio

LIFESTYLE

PCR

Aturan Terbaru Perjalanan Udara Jawa-Bali, Wajib Tes PCR!

0
NUSADAILY.COM - JAKARTA - Satuan Tugas COVID-19  menyampaikan pelaku perjalanan udara dari dan ke Pulau Jawa-Bali serta daerah PPKM level 3 dan 4 wajib menyertakan...