Sertifikasi Pilot Drone, Presiden FDI Pusat Turun Tangan

  • Whatsapp
Sertifikasi Pilot Drone
Sertifikasi pilot Drone Basic Flight se-Jatim di Kota Malang, Agustus lalu. Salah satu peserta dari Nusadaily.com. (dok)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Setelah sebelumnya sukses menyelenggarakan sertifikasi pilot drone bulan Agustus lalu, Federasi Drone Indonesia Jawa Timur (FDI Jatim) kembali membuka kesempatan bagi yang ingin meningkatkan kompetensi para pengguna drone.

FDI Jatim membuka program sertifikasi pilot Drone Basic Flight se-Jatim Batch-2 di Kota Malang, proses sertifikasi meliputi kegiatan pelatihan dasar dan regulasi. Acara yang akan berlangsung pada hari Sabtu dan Minggu 14-15 November 2020, bertempat di Stadion Gajayana, Kota Malang.

Baca Juga

Peserta akan digembleng dan mendapat pembekalan langsung oleh Presiden FDI pusat H. YA Dirgantara, ST., CCPS., CATS dan juga Federasi Aero Sport Indonesia (FASI). Ia berharap, dari proses sertifikasi ini diharapakan bisa memberi edukasi terhadap pilot drone untuk turut menciptakan keteraturan aktivitas di udara.

“Pilot drone kini semakin banyak, otomatis kegiatan lintas udara ini juga makin banyak. Harus diawasi tentunya dengan membekali diri dengan pengetahuan dan skill mumpuni,” katanya.

Jika aktivitas ini tidak diawasi dan ditertibkan, kata dia dikhawatirkan terjadi kekacauan aktivitas penerbangan militer, maupun komersil misalnya.

sertifikasi pilot drone

“Karena memang drone ini juga punya kemampuan terbang sangat tinggi. Apalagi saat ini, helikopter juga bisa terbang rendah, makanya bahaya. Harus ada kesadaran juga dari bawah,” jelas dilansir nusadaily.com dari kumparan.com.

Sejauh ini, lanjut dia masih banyak juga dijumpai pilot drone yang belum tersertifikasi dan belum paham betul regulasi khusus penerbangan. Ia mengimbau agar pilot drone segera melengkapi diri dengan sertifikasi untuk mencegah terjadi permasalahan penerbangan yang tidak diinginkan.

“Kita bisa meminimalisir kesalahan yang ada, tahu batasan-batasan yang tak boleh dilakukan. Sama seperti SIM pesepeda motor, drone juga harus memiliki sertifikasi,” pungkasnya.

Bagi yang ingin mendaftar langsung WA nomor di atas atau klik di sini(ark)