Diskominfo Kabupaten Malang bersama Bea Cukai Sosialisasi Cukai kepada Pelaku Usaha

  • Whatsapp
cukai
Aniswaty Aziz Kepala Diskominfo Kabupaten Malang (dua dari kiri) dalam acara Sosialisasi Bea dan Cukai
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Sosisalisasi barang kena cukai dilakukan Diskominfo Kabupaten Malang, Selasa (24/11) hari ini. Peserta adalah pelaku usaha, aparat kecamatan bertempat di Warung makan Zam Zam Kecamatan Gondanglegi Malang. Sosialisasi memiliki tujuan memberikan pemahaman pelaku usaha tentang cukai agar tidak terlibat kegiatan illegal.

Sosialisasi itu dilakukan bersama Bea dan Cukai kali ke 4 bersama Diskominfo Kabupaten Malang selama Pandemi Covid-19. “Ini sosialisasi kami ke-4 terkait Bea dan Cukai selama pandemi. Kami memilih tempat di Kecamatan Gondanglegi ini sebab masih tinggi pelanggaran Bea dan Cukai. Ada perusahaan di sini yang harus dilakukan pendekatan bea cukai,” kata Aniswaty Aziez, Kepala Diskominfo Kabupaten Malang dilansir Nusadaily.com.

Berdasarkan Pasal 66 Undang Undang 39 Tahun 2007 tentang cukai penerimaan negara dari cukai akan dibagi hasilnya untuk Provinsi dan Kabupaten/Kota. Nantinya cukai digunakan untuk pembinaan industri, lingkungan sosial, sosialisasi cukai, barang kena cukai ilegal.

“Semakin besar hasil cukai yang dipungut daerah maka semkin besar pula DBH CHT (Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau) didapat. Ayo kita berantas cukai ilegal, Pemda sangat berharap partisipasi dari aparat desa dan pelaku usaha berada di garda terdepan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar jangan beli yang illegal,” papar Aniswaty Aziez.

Ia menambahkan, peredaran cukai ilegal ini sangat merugikan negara, maka sosialisasi ini sangat dibutuhkan. Program ini sudah dilakukan perusahaan swasta, seperti Penamas dan Sampoerna karena mereka punya binaan pedagang rokok.

“Usaha mengurangi kerugian negara akibat cukai ilegal, perusahaan swasta mengimbau pedagang rokoknya agar menjual produk legal. Labelnya menggunakan spanduk SRC, itu menandakan binaan Sampoerna,” katanya.

Aniswati juga meminta agar Bea dan Cukai itu melakukan hal sama. “Kami melakukan sosialisasi di sini. Terkait juga pedagang rokoknya, mungkin bisa diberitahukan label kecil dari bea dan cukai,” tutupnya. (aje/wan)

Post Terkait

banner 468x60