PDAM Kabupaten Kupang Mengembangkan Pengeboran Air Tanah

  • Whatsapp
PDAM Kabupaten Kupang memanfaatkan air tanah. (foto: tyo/nusadaily.com)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – KUPANG – Perusahaan Air minum Daerah (PDAM) Kabupaten Kupang   kini fokus mengembangkan  pengeboran air tanah  untuk memenuhi kebutuhan air. Karena  saat ini kebutuhan air bersih tidak terpenuhi karena  sudah memasuki musim kemarau .

"
"

Baca Juga

"
"

Dirut PDAM Kabupaten Kupang Yayarib Mau,  ditemui di ruang kerjanya Selasa (4/8) menjelaskan,  mendekati musim kekeringan di tiga bulan kedepan. Yakni September, Oktober dan November  dan  saat ini  debit air mulai berkurang  sehingga untuk menghadapi musim kemarau menjadi pilihan bagi PDAM Kabupaten Kupang adalah upaya pengeboran air tanah.

Menurut dia, situasi Kekeringan yang dipengaruhi oleh curah hujan dua tahun terakhir sangat menurun sehingga pihak PDAM mengambil langkah untuk mengatasi  dengan pengeboran air tanah. “Kita ambil tindakan berupa pengeboran air tanah dalam  menghadapi situasi kekeringan,” tuturnya.

Yayarib juga menambahkan melihat situasi  ini penting ada pilihan-pilihan yang diambil dan harus sesuai dengan kondisi  agar kebutuhan masyarakat terpenuhi. Untuk itu langkah yang diambil saat ini adalah pemanfaatan air tanah dengan cara pengeboran. “Saat ini PDAM Kab Kupang  melakukan  pengeboran di beberapa tempat dengan melihat letak geografis dimana tempat pengeboran tidak harus jauh dari pipa  distribusi utama,” katanya.

Dalam melakukan pengeboran juga tidak hanya soal masalah pipa yang menjadi kendala namun biaya Listrik juga perlu diperhitungkan secara baik agar terdapat efisien pada saat dilakukan pengeboran.

“Kita harus melihat lokasi yang strategis yang memiliki potensi air dan juga berdekatan dengan listrik yang kemudian siap untuk didistribusikan kepada masyarakat seperti yang dilakuan saat ini kelurahan Oenuse kecamatan Kupang Barat, ” tuturnya.

Diuraikan tujuan dari pengeboran di bagian Kelurahan Oenesu Kecamatan Kupang Barat untuk mengakomodir kekurangan air di Wilayah kabupaten Kupang bagian Barat dan Kota Kupang bagian Barat. Sedangkan  wilayah tengah kemungkinan besar akan melakukan pengeboran di kelurahan Bakunase Kecamatan Kota Raja dan wilayah Oetona untuk menambah debit air sedangkan untuk wilayah Timur akan dilakukan di desa Baumata  Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang.(tyo/aka)

Post Terkait

banner 468x60