Kamis, Mei 26, 2022
BerandaNewsRegionalBupati Lumajang Interogasi Langsung Tersangka Penendang Sesajen Semeru

Bupati Lumajang Interogasi Langsung Tersangka Penendang Sesajen Semeru

NUSADAILY.COM – LUMAJANG – Bupati Lumajang Thoriqul Haq mendatangi Mapolres Lumajang untuk menginterogasi secara langsung tersangka penendang sesajen di lereng Gunung Semeru, Sabtu, 22 Januari 2022.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Cak Thoriq, panggilan akrab Thoriqul bersama Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno melayangkan sejumlah pertanyaan pada tersangka secara tertutup selama 30 menit.

Cak Thoriq mengatakan bahwa pelaku mengakui semua perbuatannya. Termasuk perusakan sesajen di Pura yang terletak di Desa Supit Urang.

BACA JUGA: Hadfana Sebar Sendiri Video Tendang Sesajen Semeru

Di hadapan Bupati Lumajang, tersangka bercerita bahwa dirinya sempat menyusup masuk ke zona merah dan melakukan tindakan yang viral tersebut.

“Tersangka mengakui semuanya perbuatannya. Termasuk juga yang membuang sesajen di salah satu Pura,” jelasnya.

Cak Thoriq menuturkan, pelaku merupakan jebolan pondok pesantren Ngruki, Solo. Selain itu, tersangka merupakan alumni UIN Sunan Kalijaga jurusan Pendidikan Bahasa Arab.

“Tersangka merupakan jebolan pesantren Ngruki di Solo. Dia juga kuliah di UIN Sunan Kalijaga, Fakultas Tarbiyah, Jurusan PBA,” terangnya.

BACA JUGA: Penendang Sesajen Semeru Ditangkap Polisi di Bantul

Ke depan, Bupati bersama Kapolres, Komandan Kodim 0821, beserta seluruh jajaran forkopimda Lumajang berencana membentuk Dewan Kehormatan Kerukunan Beragama (DKKB). Untuk mengurusi semua hal berkenaan dengan perilaku-perilaku intoleran yang dilakukan oleh siapapun yang berkunjung Lumajang.

“Kami berencana membentuk semacam dewan kehormatan kerukunan beragama untuk mengklarifikasi semua kasus intoleran yang ada di Lumajang. Termasuk yang terjadi sekarang ini,” jelasnya.

BACA JUGA: Warga Lumajang Tuntut Penegak Hukum Jerat Penendang Sesajen

Selain itu, Kapolres Lumajang menegaskan, meski pelaku penendang sesajen Semeru tersebut telah minta maaf, proses hukum akan tetap berjalan.

“Proses hukum tetap berjalan. Perihal ada saling memaafkan itu hanya akan menjadi pertimbangan peringanan hukuman di pengadilan,” tegasnya. (hud/sut/lna)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Bamsoet Apresiasi Kemudahan UMKM Peroleh Sertifikasi Halal

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi langkah Yayasan Al Muttaqien Care yang telah mempermudah pendataan dan verifikasi 10 juta UMKM...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily