Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaBerita KhususPenandatanganan MOU SuKMa-e Jatim, Gus Ipul Harapkan Perangkat Daerah Tingkatkan Kualitas Layanan...

Penandatanganan MOU SuKMa-e Jatim, Gus Ipul Harapkan Perangkat Daerah Tingkatkan Kualitas Layanan Publik

NUSADAILY.COM – PASURUAN – Pemerintah Kota Pasuruan berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dibuktikan dengan penandatanganan komitmen dan penerapan replikasi inovasi pelayanan publik Survei Kepuasan Masyarakat Elektronik Jawa Timur (SuKMa-e Jatim).

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Penandatanganan komitmen replikasi dan penerapan inovasi pelayanan publik SuKMa-e Jatim tersebut dilakukan oleh Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) bersama Biro Organisasi Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Timur, di Gedung Gradika Bhakti Praja Kota Pasuruan, Selasa (2/8/2022).

SukMa-e Jatim adalah salah satu inovasi Biro Organisasi Sekda Provinsi Jatim untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dengan meningkatkan kwalitas penyelenggaraan pelayanan publik di Jawa Timur.

BACA JUGA: Percepat Informasi Kependudukan Warga, Gus Ipul Launching Aplikasi “Siap Pak RT”

Hal tersebut sebagai upaya pemerintah mewujudkan penyelenggaraan pelayanan publik yang baik dan berkwalitas di tingkat pusat maupun tingkat daerah untuk mewujudkan kwalitas pelayanan publik.

Survey Kepuasan Masyarakat dapat diakses secara mudah dan praktis, cukup menggunakan barcode dan  hasil yang didapat juga akuntabel dan laporannya bisa real time.

Dalam kesempatan Gus Ipul menyampaikan kami menyambut baik kehadiran inovasi Sukma-e Jatim di Kota Pasuruan yang merupakan sebuah aplikasi guna memudahkan dalam mengukur tingkat kepuasan terhadap pelayanan publik yang diberikan.

“Aplikasi ini diharapkan memudahkan masyarakat dalam menyampaikan penilaiannya seperti saran dan kritik sehingga seluruh unit pelayanan publik se-Kota Pasuruan dapat dinilai oleh masyarakat secara langsung,” kata Gus Ipul.

BACA JUGA: Ada Maspadin di Jatim Kominfo Festival 2022, Jadi Ajang Promosikan Kota Pasuruan ke Masyarakat

Kemudian Gus Ipul menyampaikan pelayanan itu adalah sejauh mana manfaatnya untuk masyarakat yang merasakannya.

“Seberapa jauh masyarakat bisa mengukur, menilai dan kemudian menyatakan puas terhadap pelayanan itu yang paling pokok dari pelayan,” ujarnya.

Gus Ipul juga mengatakan layanan Sukma e-Jatim yang diciptakan oleh Provinsi Jatim menjadi salah satu aplikasi, mari kita manfaatkan dengan baik, mari kita gunakan dengan baik untuk mengukur layanan yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan.

“Setiap Perangkat Daerah bisa menyesuaikan, mengambil inisiatif dan menjadikan Sukma e-jatim menjadi salah satu bagian untuk memperbaiki kinerja, MOU yang sudah saya tanda tangani ini harus ditindaklanjuti teman-teman Perangkat Daerah,” harapnya.

Gus Ipul juga menambahkan pelayanan publik adalah wajah konkret kehadiran pemerintah di dalam kehidupan masyarakat untuk mewujudkan pelayanan publik yang prima, tentu memerlukan ikhtiar yang berkelanjutan, memerlukan transformasi sistem dan tata kelola yang baik serta membutuhkan perubahan mindset dan budaya kerja birokrasi dari budaya kerja yang dilayani menjadi budaya kerja yang melayani.

BACA JUGA: Gus Ipul Serahkan Bantuan RTLH ke 262 Warga Penerima Manfaat

“Kita harus selalu mengoreksi kinerja terhadap pelayanan yang selama ini diberikan, apakah masyarakat sudah puas atau belum karena layanan sudah bisa terlihat indikasi keberhasilan dalam pekerjaannya melalui aplikasi tersebut,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan ini seluruh Kepala Perangkat Daerah, Camat dan Lurah Se Kota Pasuruan. (oni/lna)

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU