Minggu, Desember 5, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsJatimPatung Gorilla Jatim Park 2 Ambruk Diguncang Gempa

Patung Gorilla Jatim Park 2 Ambruk Diguncang Gempa

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – KOTA BATU – Reruntuhan puing-puing beton berserakan di area wahana permainan Snail Coster Jatim Park II Kota Batu. Bongkahan material itu merupakan bagian dari patung gorilla setinggi tujuh meter yang ambruk diguncang gempa, Sabtu, (10/4).

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Sejumlah petugas JTP II bergotong royong membersihkan sisa-sisa bongkahan beton yang tercecer.

BACA JUGA: Gempa 6,7 SR, Gedung SMK Turen, Kabupaten Malang Rusak

Patung gorilla itu merupakan icon di area wahana permainan Snail Coster. Karena kerap dijadikan pengunjung sebagai latar foto.

General Manager JTP 2, Agus Mulyanto mengatakan, ambruknya patung gorilla itu terjadi sekitar pukul 14.00. Usai gempa turut mengguncang Kota Batu.

“Pas gempa mau berhenti, tiba-tiba ini ambruk. Itu rangka besinya juga rusak semua,” kata Agus seraya menunjuk patung gorilla yang ambrol diterjang gempa.

Dirinya mengatakan, ambruknya konstruksi terjadi saat proses renovasi patung yang diperkirakan masih berjalan 30 persen. Rencana itu memang sudah lama karena beberapa bagian patung mengalami keretakan. Namun pengerjaannya baru dimulai beberapa hari terakhir.

“Baru berjalan 30 persen terus ambruk kena gempa. Ya akan kami bangun ulang. Paling tidak, sebelum libur lebaran sudah selesai,” tutur dia.

Sebelumnya, berdasarkan keterangan resmi BMKG, pusat gempa berada di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempabumi ini memiliki magnitudo M=6,7 kemudian diupdate menjadi magnitudo Mw=6,1.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,83 LS dan 112,5 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 96 km arah Selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada kedalaman 80 km.

BACA JUGA: Pusat Gempa di Malang, Getaran Dirasakan Hampir Seluruh Jatim hingga Jateng

Gempa yang terjadi pada pukul 14:00:15 WIB ini dapat dirasakan di Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Malang, Banyuwangi, Jember, Lamongan, Bojonegoro, Situbondo, Kediri, Trenggalek, Ngawi, Mataram, Magetan, Mojokerto, Pasuruan, Pacitan, Jombang.

Bahkan, gempa turut dirasakan hingga Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul, Klaten, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meski getarannya tak seberapa besar.(wok/lna)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR