Unik! Batik Motif Labu Siam Khas Genilangit Magetan

  • Whatsapp
Perajin menunjukan salah satu karyanya motif batik khas desa Genilangit. (Yanto/Nusadaily.com)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MAGETAN – Ratusan bahkan ribuan motif batik Nusantara dinobatkan WHO sebagai warisan dunia membuat Bangsa Indonesia bangga.

Magetan Jawa Timur memiliki batik paling populer yang sudah ada sejak puluhan tahun silam, batik motif Pring Sedapur dari Desa Sidomukti. Seiring perkembangan batik kini muncul batik khas desa Pragak yaitu Parang Selo, Batik Ciprat dan Batik Sayuran.

Baca Juga

Desa Genilangit Kecamatan Poncol pun juga memiliki batik yang cantik dan unik yaitu batik bermotif Labu Siam atau masyarakat biasa menyebutnya batik Jepan. Sayur yang merambat dan berbuah seperti bola lampu ini, hanya dapat tumbuh dan berbuah di desa ini.

Belakangan tanaman ini menjadi andalan warga setempat. Selain sayur, ada motif lain yang dikerjakan oleh ibu-ibu desa Genilangit yaitu motif Golor dan Louncang.

Harga batik di daerah ini cukup terjangkau, dari Rp 160 ribu.

“Batik Jepan ini dijual yang paling murah Rp 160 ribu perpotong hingga Rp 180 ribu tergantung tingkat kerumitan saat pembuatanya,” menurut Khotimatul Khusnah salah satu perajin batik.

Batik sayur ini belum dijual bebas, bila ingin memesan bisa datang langsung ke desa Genilangit, atau ke Taman Wisata Genilangit desa setempat. (nto/ark)

Post Terkait

banner 468x60