Dua Kali Mangkir, Bacabup Kediri Supadi Resmi Ditahan

  • Whatsapp
banner 468x60

NUSADAILY – KEDIRI – Bakal Calon Bupati Kediri 2020 Supadi, resmi ditahan. Tim Resmob Polres Kediri Kota menjemput paksa tersangka penggunaan gelar akademik palsu ini, setelah dua kali mangkir dari panggilan polisi.

Pria yang menjabat sebagai Kepala Desa Tarokan, Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri ini dijemput dirumahnya, Rabu 19 Februari 2020, sekitar pukul 17.00 Wib. Supadi kemudian dibawa dan dilakukan penahanan.

Baca Juga

“Saat ini terlapor statusnya sebagai tersangka dan dilakukan penahanan di rumah tahanan Polresta Kediri,” kata Kasubbag Humas Polres Kediri Kota AKP Kamsudi, Kamis 20 Februari 2020.

Supadi ditetapkan sebagai tersangka penggunaan gelar akademik palsu yang dilaporkan oleh Bambang, rivalnya dalam Pemilihan Kepala Desa Tarokan Oktober tahun lalu. Supadi dilaporkan menggunakan gelar SE (Sarjana Ekonomi) diakhir namanya untuk keperluan administrasi kependudukan dan Desa.

Menurut AKP Kamsudi, penyidik Satreskrim Polresta Kediri melayangkan panggilan pertama kepada Supadi, pada Januari 2020. Tersangka mangkir dengan alasan proses pergantian pengacara. Kemudian petugas kembali mengirim panggilan kedua awal Februari. Lagi-lagi tersangka mangkir dengan alasan sedang ibadah umroh. Akhirnya tersangka dijemput paksa bersamaan panggilan ketiga, kemarin sore.

Tersangka yang sebelumnya mendaftarkan diri ke Partai Gerindra dan telah mengikuti uji publik, terancam gagal dalam ajang Pemilihan Bupati Kediri 2020 itu. Polisi menjerat Supadi dengan pasal 93 junto pasal 28 ayat 7 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara atau denda Rp 1 miliar.

Hingga saat ini, belum ada keterangan resmi dari pihak tersangka. Sementara itu dalam pernyataan sebelumnya, Supadi membantah menggunakan gelar akademik itu. Dia menyebut penggunaan SE di belakang namanya merupakan kepanjangan dari namanya, Subiari Erlangga (SE). Untuk menegaskan hal itu, Supadi menunjukkan bukti surat Pengadilan Negeri terkait perubahan nama yang ditanda tangani November, sebulan paska dilaporkan.(edy)

Post Terkait

banner 468x60