Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaInternationalKanada Akan Lanjutkan Penerbangan Bantu Evakuasi Warga Afghanistan

Kanada Akan Lanjutkan Penerbangan Bantu Evakuasi Warga Afghanistan

NUSADAILY.COM – OTTAWA – Kanada berencana melanjutkan penerbangan militer ke Afghanistan untuk mengevakuasi warga sipil. Ketika Amerika Serikat mendapatkan kembali kendali atas bandara Kabul, kata Angkatan Bersenjata Kanada (CAF), Selasa malam.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

BACA JUGA: AS Longgarkan Imbauan Perjalanan COVID-19 Untuk Kanada

“Penerbangan CAF akan mendukung operasi yang sedang berlangsung. Dan akan mengevakuasi sebanyak mungkin warga Afghanistan yang berisiko karena hubungan dekat dan lama mereka dengan Kanada,”. Kata seorang juru bicara CAF dalam sebuah pernyataan melalui surat elektronik kepada Reuters.

Pasukan AS terpaksa menghentikan semua evakuasi setelah ribuan orang yang putus asa untuk keluar dari Afghanistan memadati bandara Kabul pada Senin (16/8).

Kerumunan warga di bandara Kabul terjadi setelah para pejuang Taliban merebut ibu kota Afghanistan itu tanpa perlawanan.

Landasan pacu dan landasan bandara kini sudah bersih dari keramaian.

Penerbangan militer yang mengevakuasi para diplomat dan warga sipil dari Afghanistan mulai lepas landas pada Selasa pagi (17/8), kata seorang pejabat keamanan salah satu negara Barat di bandara Kabul kepada Reuters.

Penerbangan menggunakan pesawat sewaan yang membawa warga Afghanistan telah tiba mulai Senin malam (16/8) dan penerbangan tambahan akan dikirim mulai Selasa malam (17/8), menurut pernyataan CAF.

“Kami bekerja dalam koordinasi yang erat dengan mitra AS dan sekutu-sekutu kami dalam rencana untuk melanjutkan penerbangan evakuasi keluar dari Afghanistan sesegera mungkin,” kata CAF.

BACA JUGA: Awal September, Pelancong yang Divaksinasi Penuh Bisa ke Kanada

CBC News yang mengutip beberapa sumber adalah yang pertama melaporkan berita tentang Kanada akan melanjutkan penerbangan militer ke Afghanistan.(int2)

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Dampak Krisis Energi Juga Berimbas Pada Olahraga

NUSADAILY.COM – WINA – krisis energi dan kenaikan harga listrik yang signifikan awal September di Wina dan Austria Hilir, kenaikan besar-besaran harga di...