Teh Talua, Minuman Alami Pendongkrak Stamina Lelaki

  • Whatsapp
teh talua
Teh Talua (saribundo.biz)
banner 468x60

NUSADAILY.COM-JAKARTA – Bagi yang mencari minuman pendongkrak stamina yang alami, ini ada satu minuman khas dari Padang, Sumatera Barat. Warga setempat menyebutnya Teh Talua atau teh telur.

Minuman Teh Talua ini banyak dijajakan di warung tradisional maupun restoran Padang. Menurut sejarahnya, minuman tradisional ini biasanya diminum oleh para petani yang hendak meladang, sebagai penambah stamina kerja.

Baca Juga

Sekarang, rata-rata lelaki Minang yang bukan petani juga mengonsumsi Teh Talua ini.

Minuman ini terdiri dari campuran teh, gula, telur (kuning telur) dan sedikit perasan jeruk nipis. Telur yang digunakan biasanya adalah telur ayam kampung atau telur bebek.

Cara membuatnya cukup mudah. Kocok kuning telur bebek atau kuning telur ayam kampung dicampur sedikit susu dan gula hingga berbusa.

Setelah itu seduh dengan air teh yang panas. Jangan lupa ditambahkan sedikit perasan jeruk nipis agar bau amis dari telur dapat disamarkan. Ada pula yang menambahkan jahe atau kayu manis sesuai selera.

Jika didiamkan sejenak setelah diseduh dengan air teh yang panas, teh talua akan menampilkan lapisan-lapisan yang unik jika dilihat dari gelas yang bening.

Mirip minuman-minuman mahal di cafe-cafe tentunya. Pada lapisan atas dilapisi busa, bagian tengahnya berwarna putih dan bagian dasarnya berwarna kecoklatan.

Salah satu tips yang harus dierhatikan adalah menghindari bau amis. Kunci dari amis atau tidaknya Teh Talua ialah dari cara memisahkan kuning dan putih telur.

“Pokoknya yang paling penting adalah memisahkan betul-betul kuning telur dari putih telur. Karena yang membuat amis adalah putih telurnya. Apalagi bagian putih telur yang teksturnya kental,” jelas Hedri Koto, penjual Teh Telur di Jakarta. (yos)

Post Terkait

banner 468x60