Mengenal Makanan Tradisional Khas Rusia

  • Whatsapp
Borscht (Spruce eats)

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Jadi tuan rumah Euro 2020, Rusia tidak hanya menawarkan pengalaman baru untuk para penggemar bola. Tapi juga menawarkan ragam kuliner tradisional yang unik dan menarik.

Meskipun Rusia bukan tempat favorit untuk kulineran, namun para pelancong yang berkunjung ke Rusia selalu terkejut dengan variasi dan rasa masakan Rusia. Hal tersebut dikarenakan pengaruh hubungan Rusia dengan Eropa, Asia, dan Timur Tengah.

Bacaan Lainnya

Berikut beberapa makanan tradisional khas Rusia yang harus Anda coba dilansir Nusadaily.com dari berbagai sumber:

BACA JUGA: Tidak Hanya Pizza, Ini 5 Makanan Khas Roma yang Wajib Dicoba

Borscht

Borscht (Spruce eats)

Borscht adalah sup bit khas Rusia yang terbuat dari campuran buah bit, daging, dan sayuran tumis termasuk kol, wortel, bawang, dan kentang. Bit memang tampak aneh jika diolah menjadi sup, tetapi ada banyak alasan mengapa sup hangat ini adalah salah satu hidangan paling terkenal di Rusia. Borscht dapat disajikan panas atau dingin, dan sangat cocok disajikan dengan sesendok krim asam segar di atasnya.

Shchi

Shchi (Freepik)

Shchi adalah sup kubis khas Rusia yang terbuat dari kubis segar atau fermentasi. Namun, ada juga yang membuatnya dengan campuran beberapa bahan lain seperti kentang, wortel, bawang, dan mungkin beberapa jenis daging seperti ayam. Kubis juga bisa diganti dengan asinan kubis, yang kemudian disebut shchi asam.

BACA JUGA: Kuliner Khas Azerbaijan, Sajian Menonton Euro 2020

Solyanka

Solyanka (Spruce eats)

Solyanka adalah sup kental yang dibuat dari berbagai bahan campuran seperti kubis dan acar timun. Solyanka juga diberi tambahan seperti minyak zaitun, caper, tomat, lemon, air perasan lemon dan jamur yang telah diasinkan atau diacar.

Pirozhki

Pirozhki (iStock)

Pirozhki adalah puff pastry Rusia yang terdiri dari roti panggang atau goreng berukuran individual yang diisi dengan berbagai isian seperti kentang, daging, kol, atau keju.

Pelmeni

Pelmeni (iStock)

Pelmeni dianggap sebagai hidangan nasional Rusia. Hidangan tersebut berupa daging cincang yang dibungkus dengan adonan tipis seperti pasta atau kulit pangsit. Isian dagingnya pun beragam, bisa berupa daging babi, domba, sapi, rusa ataupun jamur. Palmeni biasanya disajikan dengan topping krim asam, mayones, dil, bawang merah atau cuka.

BACA JUGA: Resep Risalamande, Puding Nasi Khas Denmark, Tuan Rumah Euro 2020

Beef Stroganoff

Beef Stroganoff (The Mom 100)

Beef Stroganoff merupakan sajian daging sapi khas dari Rusia, yaitu daging sapi yang ditumis lalu disajikan dalam saus krim dengan jamur atau tomat dan sering disajikan dengan nasi, mie, atau kentang.

Itulah sederet makanan tradisional khas Rusia, tuan rumah Euro 2020. Mana yang jadi favorit Anda?(mic)