Saturday, September 18, 2021
HomeFoodMakanan Tradisional Khas Hungaria yang Terkenal Lezat dan Unik

Makanan Tradisional Khas Hungaria yang Terkenal Lezat dan Unik

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Meskipun tidak terlalu dikenal, Negara Hungaria termasuk negara tertua di Benua Eropa karena dirintis pada tahun 1000 oleh seorang keturunan bangsawan bernama Raja Stephen I.

Selain menyugukan bangunan yang unik, negara dengan ibu kota Budhapest ini memiliki sejumlah makanan tradisional yang sangat lezat. Konon katanya jika mencicipi makanan ini, maka akan membuat ketagihan.

Penasaran apa saja makanan tradisional khas Hungaria?? Berikut daftarnya dilansir Nusadaily.com dari berbagai sumber:

BACA JUGA: Tidak Hanya Churros, Ini Makanan Khas Spanyol yang Wajib Dicoba

Goulash

Goulash (skinnymixers.com.au)

Goulash merupakan makanan tradisional Hungaria yang wajib dicicipi oleh setiap pelancong yang mengunjungi Hungaria. Kuliner yang satu ini terbuat dari daging dan sayuran yang diolah menjadi sup encer. Daging yang digunakan juga bervariasi, seperti domba, rusa, sapi, atau angsa. Sedangkan sayurnya bisa berupa kentang, wortel dan paprika yang akan melengkapi kelezatan makanan tersebut. Bahkan, tak ketinggalan taburan bumbu rempah yang unik dan khas semakin menggoda selera penikmatnya.

Hortobagyi Palacsinta

Hortobagyi Palacsinta (Mindmegette.hu)

Hortobagyi Palacsinta adalah sebuah cemilan yang berbahan dasar tepung yang dibentuk seperti crepe dan diisi dengan sayatan daging ayam atau sapi yang sudah ditumis dengan bawang dan rempah-rempah lain dan dipanggang dalam oven dengan saus paprika dan tejföl (krim asam), lalu di atasnya dihias dengan peterseli segar. Rasanya sangat nikmat sekali ada gurih asin dan manis.

BACA JUGA: 5 Makanan Khas Belanda yang Wajib Kamu Coba

Fozelek 

Fozelek (Instagram.com/streetkitchenhu)

Fozelek juga salah satu makanan khas Hungaria yang dikenal nikmat. Kuliner tersebut berupa rebusan sayuran dan sangat cocok untuk diet. Isian sayurnya meliputi kacang hijau, kacang polong, kubis, lentil, dan sebagainya. Makanan ini biasanya didampingi dengan sajian minuman anggur merah lokal yang membuat hidangannya berasa lengkap dan menggoda lidah. Fozelek dibuat dengan sedikit minyak dan mayonaise. Makanan tersebut tidak menggunakan bumbu rempah, sehingga hidangannya sangat berbeda dan unik. 

BACA JUGA: Kuliner Khas Azerbaijan, Sajian Menonton Euro 2020

Langos

Langos (sodelicious.recipes)

Langos adalah sajian roti pipih yang ditaburi topping keju, kacang cokelat, krim asam yang nikmat dan lumer di mulut. Kuliner Hungaria tersebut dibuat dengan cara dipanggang menggunakan tungku. Metode tradisional ini menjadikan langos berbeda dengan yang ada di tempat lain. Makanan yang memiliki kombinasi rasa manis dan gurih ini berukuran sebesar piring berdiameter 20 sentimeter.

Itulah beberapa makanan tradisional khas Hungaria yang wajib Anda coba jika sedang berlibur ke sana. Makanan mana yang paling menggoda?(mic)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular