Ziarah Makam Para Pendiri Ponorogo, Pengingat untuk Tangguh Hadapi Pandemi

  • Whatsapp
Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni berziarah di makam pendiri Ponorogo. Foto: Kominfo Ponorogo for nusadaily.com
banner 468x60

NUSADAILY.COM-PONOROGO- Masih dalam rangkaian kegiatan hari jadi ke-524 Kabupaten Ponorogo. Yaitu ziarah makam para pendiri Ponorogo oleh para petinggi. Kegiatan ini menjadi wahana untuk mendoakan para perintis.

Harapannya agar warga Ponorogo tak lupa dengan sejarah tanah leluhurnya. Dan juga agar tangguh menghadapi segala aral yang dihadapi, termasuk pandemi covid-19 saat ini.

"
"

Baca Juga

"
"

BACA JUGA: Hari Jadi ke-524 Kabupaten Ponorogo, Diawali dengan Istigotsah

Kegiatan ziarah makam para pendiri Ponorogo dilaksanakan oleh Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni. Wabup Soedjarno, Sekda Agus Pramono bersama para anggota Forkopimda Ponorogo. Mulai dari Ketua DPRD Kabupaten Ponorogo Kapolres Ponorogo, Dandim 0802 Ponorogo, Ketua Pengadilan Negeri Ponorogo. Serta Kepala Kejari Ponorogo dan jajaran kepada dinas di Pemkab Ponorogo.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni berziarah di makam pendiri Ponorogo. Foto: Kominfo Ponorogo for nusadaily.com

Ziarah makam digelar di sejumlah tempat. Pada Senin malam 10 Agustus 2020, saat jelang tengah malam, rombongan melaksanakan ziarah di Makam Batoro Katong. Beliau adalah Adipati Pertama Ponorogo, di Kelurahan Setono, Kecamatan Jenangan. Dan di Makam KRMA Mertonagoro atau Raden Hadi Mertonegoro. Beliau bupati ke-13 setelah Batoro Katong di Pasarean Ageng Desa Tajug, Kecamatan Siman.

Pada pagi harinya, Selasa 11 Agustus 2020, usai subuh, acara dilanjutkan ziarah ke makam perintis penyebaran agama Islam di Ponorogo Ki Ageng Besari di Desa Tegalsari, Kecamatan Jetis. Dan terakhir di makam perintis Ponorogo, Ki Demang Suryongalam atau Ki Ageng Kutu, di Petilasan Surukubeng di Desa Kutu Wetan, Kecamatan Jetis.

Ziarah Dilaksanakan Setiap Hari Jadi

Dikutip nusadaily.com dari laman ponorogo.go.id. Bupati Ipong usai ziarah di makam Batoro Katong mengatakan, ziarah makam adalah sebuah kelaziman bagi para pejabat dan masyarakat Ponorogo setiap hari jadi Kabupaten Ponorogo untuk berdoa di lokasi tersebut. Tujuannya adalah mendoakan para pendiri dan perintis Ponorogo agar mereka diampuni dosa-dosanya, dirahmati dan selalu diberkahi Allah SWT.

“Dan, hari ini adalah hari jadi Ponorogo ke-524. Maka sudah menjadi suatu yang lazim dan menurut saya kewajiban bagi kita sebagai penerus Raden Batoro Katong untuk melanjutkan kemajuan pembangunan Ponorogo ini,” terang Bupati Ipong.

Ziarah juga dapat menjadi sebuah perjalanan kilas sejarah. Yaitu untuk mengingat adipati atau bupati yang pertama kali mendirikan Ponorogo sebagai wilayah Kerajaan Wengker, Raden Batoro Katong. Kilas sejarah lain adalah perpindahan pusat pemerintahan Ponorogo dari kutha wetan atau pusat pemerintahan di wilayah timur atau saat ini daerah Kelurahan Kadipaten menuju kutha tengah yang sekarang dikenal sebagai Kelurahan Mangkujayan, wilayah gedung perkantoran Pemkab Ponorogo. Perpindahan ini dilaksanakan oleh KRMA Hadi Mertonegoro.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni berziarah di makam pendiri Ponorogo. Foto: Kominfo Ponorogo for nusadaily.com

Harapannya, lanjut Bupati Ipong. Semoga anak cucu kita tidak lupa dengan sejarah. Sebab, tanpa beliau pendiri dan perintis Ponorogo, saya rasa belum tentu kita bisa mengenal Ponorogo seperti saat ini,” imbuh Bupati Ipong.

Harapan lain, karena hari jadi Ponorogo kali ini bersamaan dengan pandemi, maka kilasan sejarah terhadap orang-orang tangguh yang makamnya diziarahi adalah pengingat sifat orang Ponorogo dari dulu hingga sekarang.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni berziarah di makam pendiri Ponorogo. Foto: Kominfo Ponorogo for nusadaily.com

“Yaitu bahwa orang Ponorogo tidak pernah menyerah, selalu optimis. Kita harus yakin tidak kalah oleh pandemi covid-19 ini. Kita harus tangguh menghadapinya. Tangguh dan yakin itu wujudnya disiplin, mematuhi segala ketentuan yang akan menjauhkan kita dari penyebaran covid-19 sehingga pandemi ini bisa kita lewati dengan baik,” pungkasnya. (nto/kominfo/cak)

Post Terkait

banner 468x60