Senin, Desember 6, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsJatimPasien DB Membludak, Satu diantaranya Meninggal Dunia

Pasien DB Membludak, Satu diantaranya Meninggal Dunia

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM-TRENGGALEK- Di awal tahun 2020, pasien Demam Berdarah (DB) di Rumah Sakit Dr Soedomo Kabupaten Trenggalek, mengalami kenaikan.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Dokter Spesialis anak RS dr Soedomo, dr Endah setyarini SpA MBiomed, mengatakan ketika terjadi pergantian cuaca seperti ini sangat rentan terjadi penyakit Demam Berdarah terutama pada anak kecil.

“Mulai minggu kemarin banyak pasien yang masuk dari UGD, setelah dilakukan lab semua positif DB. Ada panasnya, trombosit penurunan, lemas, mual, muntah dan sakit perut.” terang Endah

Dari tahun ke tahun penyakit DB terjadi di bulan Desember hingga April, dan di awal tahun ini telah meninggal 1 pasien.

“Kalau yang dari awal tahun pasien yang meninggal dunia akibat DB sudah ada 1, anak berumur 4 tahun yang merupakan kiriman dari Puskesmas karena datang terlambat dan sudah mengalami demam tinggi.”imbuhnya

Endah menambahkan, dia sudah masuk ke DB yang ada gangguan organ, sudah ke otak dan kejang. Juga mengalami gangguan kerusakan total. Kasus termasuk langka.

Sedangkan untuk pasien sendiri di awal tahun sudah terdapat 54 pasien baik dewasa maupun anak-anak, bahkan kini mengalami overload.

Khusus untuk Ruang Dahlia (ruang anak) terjadi peningkatan jumlah, bahkan pihak rumah sakit harus menambah jumlah tempat tidur atau overbad agar tetap bisa melayani.

“Untuk kapasitas di ruang Dahlia ada 2 ruang, kelas 1 terdapat 6 ruang sedangkan di kelas 2 ada 16 dan sekarang ada tambahan 6 bad,ujar Sujiono Humas RSUD dr Soedomo.

Dengan adanya alternatif penambahan ekstra bad pasien tetap terlayani dengan baik.

“Semua pasien rujukan dari Puskesmas dan dokter pribadi.”tambahnya.(abi)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR