Pulau Setan, Pulau Indah yang Jauh Dari Kesan Seram

  • Whatsapp
pulau setan
Foto: IG @irhamna_muaz
banner 468x60

NUSADAILY.COM–PADANG – Bagi orang yang mendengar Pulau Setan, sontak akan berpikir ada sesuatu yang mistis dan seram di pulau ini. Padahal tidak demikian faktanya. Pulau yang memiliki laut tenang dengan ombak kecil ini, sangat jauh dari kesan angker.

Pulau ini malah terlihat sangat indah nan memesona. Lautnya begitu biru, dan pasir pantainya sungguh memanjakan wisatawan yang berkunjung.

Baca Juga

Secara administratif, Pulau Setan masuk wilayah Kecamatan Bungus, Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat. Posisi di peta, sebelah barat Sungai Pisang dan sebelah timur Pulau Pasumapahan. Kondisi umum pulau yang tidak berpenghuni ini berbukit dengan pantai berbatu.

Kisah Penamaan Pulau Setan

Dilansir dari detiktravel, Rabu 27 November 2019, mulanya nama pulau tersebut bukanlah pulau Setan, melainkan pulau Sultan.

“Nama asilnya sih Pulau Sultan, bukan setan. Tapi lidah orang ya gitu, sultan lama-lama jadi setan,” ujar Airmaini, Kabid Kepariwisataan Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan kepada tim detiktravel.

Jadi, nama Setan yang terdengar begitu seram hanyalah soal salah pelafalan, bukan karena adanya kisah seram yang ada di baliknya.

Dikutip dari ksmtour.com, di kawasan pulau yang masuk kawasan terpadu Mandeh ini telah tersedia warung yang menjual aneka makanan dan minuman.

Aksi wisata banana boat dan donat boat dengan tarif Rp 25.000-Rp 30.000 juga tersedia di sini. Karena pulau ini tidak seramai pulau-pulau yang ada di sekelilingnya, maka pulau Setan sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin refreshing, menenangkan pikiran dan jauh dari keramaian.

Akomodasi di Pulau Setan

Untuk berwisata ke pulau Setan, anda bisa naik perahu melalui TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Carocok, Tarusan dengan biaya minimal Rp 20 ribu pergi-pulang.

Bagi anda yang ingin berkeliling di sekitaran pulau, anda bisa menggunakan jasa boat milik pemuda setempat dengan biaya terjangkau, sekitar Rp 500.000-Rp 750.000. Tarif ini tergantung wilayah mana saja yang ingin dikunjungi. Seperti Pulau Setan, Sironjong Gadang, Sironjong Ketek, Hutan Mangrove hingga air terjun Sei Gemuruh. (has/yos)

Post Terkait

banner 468x60