WhatsApp Dark Mode Jadi Trending, Begini Cara Mengaktifkannya

  • Whatsapp
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Setelah Twitter, Facebook, dan Instagram meluncurkan tampilan versi ‘dark mode’, kini salah satu aplikasi chatting paling laris di dunia, WhatsApp tak mau ketinggalan ikut kenalkan fitur dark-nya.

WhatsApp akhirnya resmi meluncurkan tema dark mode untuk pengguna Android dan iOS hari ini, Rabu, 4 Maret 2020. Kali ini WhatsApp mengumumkan fitur terbarunya bisa diakses untuk semua pengguna, tak seperti sebelumnya yang khusus pengguna beta.

Baca Juga

Fitur dark ini sepertinya sangat ditunggu-tunggu para pengguna WhatsApp di Indonesia. Sebab, dark mode seperti sudah menjadi trend baru di semua aplikasi sosial media.

Disampaikan dalam rilis resmi WhatsApp, mode gelap ini akan memberikan pengalaman baru dengan tampilan yang lebih segar. Fitur ini dirancang untuk mengurangi ketegangan mata saat berada di tempat minim cahaya.

Uniknya, ketika sebagian besar aplikasi bermode gelap memilih menggunakan keseluruhan warna hitam murni, WhatsApp datang dengan warna yang memadukan abu-abu gelap dan putih tulang (off-white).

Perpaduan tersebut adalah hasil evaluasi uji coba sebelumnya, yang jika memilih menyatukan warna hitam dan putih murni, akan menghasilkan kontras lebih tinggi sehingga membuat mata lelah.

Untuk bisa mengaktifkan mode gelap ini, pastikan sudah menginstal WhatsApp versi terbaru. Untuk iOS, WhatsApp terbaru adalah versi 2.20.30. Sementara di Android, versi terbaru yakni 2.20.69.

Khusus pengguna iOS 13, WhatsApp dark mode akan langsung aktif jika pengaturan mode gelap di sistem tengah diaktifkan. Sebab, tidak ada pengaturan mode gelap manual untuk pengguna iOS/iPhone.

Pengguna iOS 13 bisa mengaktifkan dark mode melalui cara berikut:

  • Klik Setting (pengaturan)
  • Display & Brightness (layar & kecerahan)
  • Pilih tema Dark (gelap)

Selanjutnya bagi pengguna Android 9 dan versi yang lebih lama, pengaturan dark mode bisa diaktifkan secara manual dengan cara berikut:

  • Klik Setting (Pengaturan)
  • Pilih Chat
  • Pilih Theme (Tema)
  • dan pilih Dark.

Kemunculan fitur Dark Mode ini sampai-sampai menjadi trending di media sosial Twitter Indonesia. Namun rupanya di Indonesia, dark mode ini baru bisa digunakan oleh pengguna iOS 13.

Dilansir dari Gizmodo, juru bicara WhatsApp menyebut pembaruan ini masih dalam proses peluncuran secara bertahap.

Jadi jika anda belum bisa menggunakan tema dark, jangan khawatir, pantau terus pembaruan WhatsApp anda dalam beberapa hari kedepan.(lna)