Tiba di Probolinggo, Vaksin Sinovac Akan Didistribusikan di Awal Februari

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono saat mengecek vaksin Sinovac di gudang instalasi farmasi dan pembekalan kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo yang terletak di Jl Anggrek, Kelurahan Sukabumi Kota Probolinggo.
banner 468x60

NUSADAILY.COM-PROBOLINGGO – Ribuan vaksin COVID-19 jenis Sinovac tiba di Kota dan Kabupaten Probolinggo , Senin malam, 25 Januari 2021. Vaksin tahap pertama yang diberikan pada tenaga kesehatan ini, telah terverifikasi dalam data Kemenkes RI.

Jumlah untuk Kota Probolinggo sebanyak 1.480 vial vaksin dari jumlah yang diusulkan sebanyak 1900 buah vaksin. Sedangkan di Kabupaten Probolinggo, menerima sebanyak 3000 buah vaksin.

Baca Juga

Untuk Kabupaten Probolinggo, tiga ribu dosis vaksin ini tiba dan disimpan di gudang instalasi farmasi dan pembekalan kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo yang terletak di Jl Anggrek, Kelurahan Sukabumi Kota Probolinggo.

Adapun rinciannya, Jumlahnya sebanyak 75 dus dengan masing-masing dus berisi 40 vial atau sebanyak 3.000 vial keseluruhan. 

Pemkab Probolinggo sendiri, nantinya akan menjadwalkan, Kamis 28 Januari mendatang, vaksin akan didistribusikan ke masing-masing puskesmas yang ada di 24 kecamatan.

Agar tetap aman dan steril vaksin tersebut ditempatkan di ruang berpendingin (Cold Room) dengan 3 refrygator atau rantai dingin (Cool Chain) bersuhu 2-8 derajat celcius.

Vaksin Sinovac tahap pertama itu diperuntukkan bagi Forkopimda dan tenaga kesehatan (Nakes) Kabupaten Probolinggo.

“Kami sudah siapkan 3 mesin refrigator atau cold chain dengan daya tampung hingga 8.000 dosis di gudang penyimpanan farmasi milik kami di kota Probolinggo,” jelas Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono.

Lebih lanjut, dokter Shodiq menyebut bahwa proses pendistribusian ribuan dosis vaksin Sinovac itu akan dilakukan dalam minggu ini. Selanjutnya, pada 1 Februari mendatang proses vaksinasi dapat dilakukan serentak di 33 puskesmas di Kabupaten Probolinggo. (ras/aka)