Tahun Depan, Kota Malang Bakal Bangun Tiga Gedung Sekolah Baru

  • Whatsapp
Ilustrasi gedung SMP. Foto: Amanda Egatya
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Tahun 2021, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang akan membangun tiga gedung Sekolah Menengah Pertama (SMP). Hal tersebut dilakukan untuk mengakomodir masyarakat yang selama ini merasa kesulitan mendapatkan sekolah jarak dekat sesuai dengan sistem zonasi.

Wali Kota Malang, Sutiaji menjelaskan, untuk membangun tiga sekolah tersebut, anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp 27,5 Miliar.

Baca Juga

BACA JUGA: Polres Malang : Tolak Anarkisme Demi Masyarakat Aman dan Damai

“Rencananya, pembangunan gedung SMP baru ini akan dilakukan di tiga wilayah yaitu Mulyorejo, Gadang, dan Polehan,” terang dia.

Sehingga, untuk sementara waktu, sekolah yang akan dibangun gedung baru ini harus menumpang ke di sekolah lain. Yakni, SMPN Mulyorejo menginduk di SMPN 15, SMPN Gadang di SMPN 7, dan SMPN Polehan menginduk di SMPN 21.

“SMP ini kan permintaan masyarakat memang. Kemarin untuk SMP itu kan ada sistem zonasi yang tidak membuka jalur-jalur yang lain. Hanya perbanyak dulu zonasi,” jelas dia.

Sutiaji menambahkan, kebutuhan fasilitas sarana dan prasarana sekolah tidak hanya diberikan untuk sekolah negeri saja. Namun, juga akan memperhatikan sekolah swasta. Salah satunya, dengan meningkatkan BOSDA (Bantuan Operasional Daerah) bagi sekolah berbasis swasta.

BACA JUGA: Polres Malang : Tolak Anarkisme Demi Masyarakat Aman dan Damai

“Cuma ini saya kira, tetap sekolah-sekolah yang berbasis swasta juga harus kita berikan apresiasi. Kami juga akan meningkatkan terus BOSDA-nya untuk sekolah swasta juga. Sehingga akan berimbang. Sekolah-sekolah swasta juga akan bisa kuat, negeri juga tetap sesuai dengan kebutuhan,” pungkas dia.

Untuk diketahui, rencana pembangunan tiga SMP baru tersebut sebelumnya telah direncanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang sejak akhir 2019 lalu. Tetapi, pelaksanannya baru akan terealisasikan di 2021 mendatang.(nda/kal)

Post Terkait

banner 468x60