SDN I Lateng Banyuwangi Bagikan Rapor Siswa via Drive Thru

  • Whatsapp
rapor siswa
SDN I Lateng Banyuwangi Bagikan Rapor Siswa dengan Layanan Drive Thru. (istimewa)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – BANYUWANGI – SDN I Lateng Banyuwangi memiliki cara unik untuk membagikan rapor siswa di masa pandemi Covid-19. Pembagian rapor yang biasanya dilakukan dengan mengumpulkan wali siswa di ruang kelas kini sudah ditiadakan.

Sebagai gantinya, rapor dibagikan dengan sistem drive thru, sehingga wali murid tidak perlu turun dari sepeda motor untuk mengambil rapor anaknya. Sistem drive thru ini dilakukan untuk mencegah adanya interaksi dan kerumunan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

BACA JUGA: Dispendukcapil Kabupaten Malang Layani Drive Thru Lewat Plat N

Kepala Sekolah SDN I Lateng Banyuwangi Lina Kamalin mengatakan, layanan drive thru ini dilakukan seiring penyebaran Covid-19 di Banyuwangi yang kembali meningkat. Sehingga tidak memungkinkan mengundang wali siswa secara langsung, karena berpotensi menimbulkan kerumunan. 

“Banyuwangi kembali masuk zona merah. Ini tentu menjadi persoalan. Satu sisi kita harus tetap memberikan pelayanan pembagian rapor, di sisi lain kita harus mencegah penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

“Saya berpikir kerumunan memang tidak boleh dilakukan di sekolah. Tapi layanan tetap harus jalan. Akhirnya kita cari cara agar layanan tetap jalan, tapi bisa meminimalisir kerumunan,” jelasnya, Senin 21 Desember 2020.

Berangkat dari permasalahan ini, Lina akhirnya memiliki Ide pembagian rapor drive thru yang terinspirasi dari proses pelayanan STNK. Wali siswa bisa mengambil rapor anaknya dengan tetap mengendarai sepeda motor. Sementara para wali kelas standbay di halaman sekolah untuk membagikan rapor tersebut. 

Untuk mempermudah, pihak sekolah juga menyiapkan petugas untuk mengarahkan wali murid yang akan mengambil rapor. “Sehingga pelayanannya murni seperti pelayanan STNK, jadi naik motor menemui wali kelas,” jelasnya.

BACA JUGA: Pernikahan Drive Thru Jadi Solusi di Tengah Pendemi COVID-19

Guna mencegah terjadinya antrian panjang, kata Lina, pembagian rapor dilakukan secara bertahap. Hari pertama, Senin 21 Desember 2020 untuk kelas I dan kelas II. Kemudian kelas III dan kela IV dibagikan pada hari Selasa 22 Desember 2020 dan haro Rabu 23 Desember untuk kelas V dan Kelas VI. 

“Awalnya, ada beberapa wali siswa yang merasa tidak enak karena tidak turun dari motoe. Namun, dua hari sebelumnya sudah kami sosialisasikan dan kami yakinkan bahwa inilah satu-satunya cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” tutupnya. (ozi/lna)