Jumat, Agustus 6, 2021
BerandaRegionalRaih Peringkat III, Bupati Malang Menerima Penghargaan Nirwasita Tantra

Raih Peringkat III, Bupati Malang Menerima Penghargaan Nirwasita Tantra

NUSADILY.COM – MALANG – Penghargaan Nirwasita Tantra atau Green Leadership Tahun 2020 hari ini diberikan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang hari ini, Selasa (15/6/2021) di Pringgitan Pendopo Agung Malang secara virtual.

Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi Pemerintah Pusat kepada Kepala Daerah baik di tingkat Provinsi dan Kota/Kabupaten atas komitmen terbaiknya dalam memimpin dan memahami isu lingkungan.

Selain itu, ketanggapan untuk merespon kebijakan serta inovasi di daerahnya sesuai dengan prinsip pembangunan berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan kualitas lingkungan hidup diwilayahnya.

Tahun ini, penghargaan bagi Pemkab Malang dari Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar yang disaksikan langsung Bupati Malang Sanusi serta didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Wahyu Hidayat dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Malang secara virtual dari Peringgitan Kabupaten Malang.

Kabupaten Malang di tahun 2017 sendiri sudah pernah meraih Peringkat 1 Kategori Kabupaten. Serta pada Tahun 2018, Kabupaten Malang meraih Peringkat 1 di tingkat Provinsi.

Kemudian, pada tahun 2020 ini meraih Peringkat Ketiga untuk Kategori Kabupaten Besar, dibawah Kabupaten Banyuwangi (Peringkat I) dan Kabupaten Lumajang (Peringkat II).

‘’Penghargaan ini dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait dengan komitmen kepala daerah. Jadi penghargaan ini, bentuk aktualisasi Kepala Daerah dalam rangka menindak lanjuti kebijakan pusat dalam pengelolaan lingkungan hidup. Menteri Lingkungan Hidup Kehutanan juga menyampaikan ini adalah bentuk kepemimpinan atau Green Leadership,” terang Bupati Malang Sanusi, hari ini, Selasa (15/6/2021).

Komitmen Kepala Daerah dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup tersebut seperti yang tertuang dalam visi-misi Kabupaten Malang pada RPJMD tahun 2016-2021.

“Utamanya, terkait misi ketujuh yaitu memperkokoh kesadaran dan perilaku masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup”, pungkasnya.

Dalam mengimplementasikan misi ini telah disusun berbagai respon atau kebijakan dalam menjawab berbagai persoalan dan isu lingkungan hidup yang ada di Kabupaten Malang.

Termasuk, inovasi Pengelolaan Lingkungan Hidup dari Kabupaten Malang yang telah mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari berbagai pihak.

‘’Jadi selain melihat apa yang sudah dilakukan Pemda baik pelaporan, pelaksanan lingkungan hidup, penanganan lingkungan hidup dan hasilnya, ada juga paparan dari kepala daerah,” imbuh Sanusi.

Terakhir, disampaikan Bupati, paparan itu juga diserahkan ke kementerian, dan oleh kementerian Lingkungan Hidup yang dibagikan melalui kanal youtube supaya masyarakat dapat menilai.

“Pemkab Malang terakhir mendapatkan penghargaan ini pada tahun 2018 sehingga penghargaan ini merupakan satu bentuk hasil kepemimpinan yang baik dari siapapun yang memimpin wilayah ini,” tutup politisi PDI P ini. (aje/kal)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments