Nepal Van Java Juga Ada di Magetan, Surga itu Bernama Wonomulyo

  • Whatsapp
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MAGETAN – Ingin melihat pesona Nepal? Tidak perlu jauh-jauh ke Pegunungan Himalaya, cukup datang ke Dusun Wonomulyo Desa Genilangit Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan.

Indahnya pemandangan tak kalah dari negeri negri diatas awan di sana. Rumah rumah penduduk yang berada di lembah yang diapit bukit anak gunung lawu ini benar-benar cuilan kesempurnaan ciptaan Tuhan nan eksotik.

Baca Juga

Cukup mudah untuk sampai ke lokasi ini, bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Klik saja pada google map desa Genilangit lalu telusuri Taman Wisata Genilangit. Bila ke wisata genilangit ambil simpang kanan, Nepal Van Java Magetan ini pilih yang jalur kiri. Terus telusuri hinga bertemu satu satunya perkampungan diantara hutan pinus dan tebing tinggi.

Nepal Van Java Magetan menyajikan suasana alam dengan hawa sejuk dan pemandangan alam pegunungan diantara bukit bukit. Kampung wonomulyo berada pada lembah diantara gugusan anak gunung lawu yaitu, bukit kukusan, bukit mongkrang dan bukit kendil.

Nepal Van Java Magetan/Riyanto

Menurut salah satu penduduk Dusun Wonomulyo Suwito (40), kampung Wonomulyo dihuni kurang lebih 285 KK. Warganya mayoritas bekerja sebagai peladang, bertanam sayur mayur di lahan terasering. Wilayah tersebut berada pada topografi gunung lawu.

”Kami disini hidup rukun, saling toleransi dengan agama lain, agama tertua disini adalah Budha. Hanya ada dua tempat ibadah disini, masjid dan vihara,” kata Suwito kepada nusadaily.com. Minggu (05/03/2021).

Seni musik tradisional ‘tongling’ masih terwat dan sering dimainkan. Tongling adalah alat musik dari bambu dan gong yang dimainkan pada masa itu untuk mengiringi ibadah umat Budha dan penyebarannya diseputar kaki gunung lawu.

”Ada musik tongling, yaitu musik dari bambu dipadu dengan gamelan dan gong, dahulu sebagai alat dalam penyebaran agama budha di sini,” paparnya.

Dahulu, lanjutnya jalan ke Kampung hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki. Lambat laun oleh pemerintah dibuatkan jalan hingga saat ini bisa diakses dengan kendaraan, baik roda empat maupun roda dua.

”Semenjak ada jalan, kampung saya mulai didatangi wisatawan karena keindahan alam maupun keramahan warganya. Wisatawan yang ke kampung kami yang sekedar ingin menikmati alam dari ketinggian hari biasa 100 hingga 200 an. Jika hari hari libur naik hingga tiga kali lipatnya,” imbuhnya.

Sadar akan potensi wisata, warga setempat saat ini membuat spot foto di atas bukit, spot yang paling terkenal adalah High Line Wonomulyo. Dari spot tersebut wisatawan dapat melihat seluruh perkampungan dan langsung dapat berinteraksi dengan para petani yang menanam sayur maupun memanen sayuran.

”Silahkan mampir ke kampung kami di Wonomulyo Desa Genilangit Kecamatan Poncol Magetan. Kami jamin puas, jika ingin menginap menikmati suasana malam, di desa sudah ada home stay,” pungkasnya. (nto)