Ketua Komisi C: Retorika Murahan Bupati Jember yang Bilang Perbup APBD Ada Pembangunan

  • Whatsapp
faida jember
Ketua Komisi C DPRD Jember David Handoko Seto bersama anggotanya. (nusadaily.com/Sutrisno)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JEMBER – Ketua Komisi C DPRD David Handoko Seto menyanggah pernyataan Bupati Jember Faida tentang Perbup APBD 2020 yang diklaim bisa menjalankan pembangunan.

“Itu hanya retorika murahan Bupati Jember yang asal bicara tidak sesuai kenyataan. Dia bilang Perbup APBD ada pembangunan, faktanya tidak ada,” sergah David yang disampaikan ke nusadaily.com, Kamis 10 September 2020.

Baca Juga

Dia sudah menelisik ke situs LPSE Pemkab Jember yang berisi catatan peluncuran program. Rupanya, tiada kegiatan yang berkaitan dengan infrastruktur layanan publik.

BACA JUGA: Menguji Klaim Bupati Jember Ada Pembangunan 2020, Ternyata Terbantahkan

“Semua orang bisa lihat kenyataan, tidak ada program pembangunan apapun yang di launching. Kecuali, hanya kegiatan rutin OPD dan pengadaan langsung untuk penanganan COVID-19,” ulas legislator dari partai NasDem itu.

David menguraikan, pendapatnya juga merujuk pada ketentuan yang berlaku, bahwa Perbup APBD terbatas digunakan pada keperluan yang bersifat wajib, mengikat, dan mendesak.

“Mengenai kecilnya ruang lingkup Perbup APBD sebenarnya telah diuraikan panjang lebar oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang berkirim surat ke Bupati Jember sebanyak 2 kali,” David menceritakan.

BACA JUGA: Sebelum Dilucuti Hak Keuangannya, Harta Bupati Jember Setahun Naik Rp7,2 Miliar

Pertama, SK Gubernur Jawa Timur nomor: 188/ 1.K/ KPTS/ 013/ 2020 yang diteken Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak atas nama Gubernur Khofifah tertanggal 3 Januari 2020.

Kedua, SK Gubernur Jawa Timur nomor: 188/7173/013.4/2020 yang langsung ditandatangani Gubernur Khofifah pada tanggal 26 Mei 2020.

“Secara garis besar, kedua surat itu menekankan konsekuensi Perbup APBD adalah pemakaian anggaran hanya untuk kategori kegiatan wajib, mengikat, dan mendesak,” kata David.

Post Terkait

banner 468x60