Jumat, Agustus 6, 2021
BerandaRegionalJadi 'Korban' Corona, Pembangunan RTH Kanigoro Blitar Dihentikan

Jadi ‘Korban’ Corona, Pembangunan RTH Kanigoro Blitar Dihentikan

NUSADAILY.COM – BLITAR – Wujud penataan ibu kota Kabupaten Blitar di Kecamatan Kanigoro telah direncanakan pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang berada di bekas pasar Kanigoro. Pembangunan yang seharusnya terlaksana tahun lalu dipastikan gagal karena pedagang pasar kanigoro baru bisa direlokasi akhir tahun.

Perencanaan pembangunan pun kembali dilakukan tahun ini. Namun nampaknya kembali gagal dilaksanakan, karena anggaran yang disiapkan di APBD 2020 dialihkan untuk penanganan virus Corona (COVID-19).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blitar, Krisna Triatmanto mengatakan, anggaran yang sudah disiapkan untuk pembangunan RTH mencapai Rp 5 miliar. Adanya rasionalisasi anggaran atau perubahan penjabaran sebagai upaya percepatan penanganan COVID-19, maka anggaran yang sudah disiapkan itu dipastikan telah dialihkan untuk penanganan COVID-19.

“Pemerintah Pusat telah mengeluarkan kebijakan bahwa saat ini Pemerintah Daerah bisa melakukan perubahan penjabaran untuk difokuskan penanganan COVID-19. Jadi anggaran Rp 5 miliar yang sudah kita siapkan, dialihkan untuk percepatan penanganan COVID-19,” kata Krisna, Selasa 14 April 2020.

Agar pembangunan RTH nanti bisa tetap terlaksana, lanjut Krisna, pihaknya akan berupaya mencari sumber anggaran lain, dalam hal ini mengajukan ke pusat melalui penganggaran di APBN.

“Pembiayaan untuk penataan ibu kota kabupaten saat ini dialihkan fokus pada penanganan COVID-19. Jadi kedepannya, untuk pembangunan RTH ini akan kita upayakan anggaran yang bersumber dari APBN,” tungkasnya.

Pantauan dilapangan, saat ini lokasi pembangunan RTH Kanigoro sudah rata dengan tanah. Setelah sebelumnya masih terdapat bangunan pasar milik para pedagang yang saat ini sudah dipindah ke lokasi yang baru, yakni di Kelurahan Satreyan Kecamatan Kanigoro.(tan)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments