Ini Pesan Penting Pjs Bupati dan Sekda Malang Soal Netralitas ASN Pilkada 2020

  • Whatsapp
Netralitas ASN Pilkada
PJS Bupati Malang memberikan pesan soal netralitas kepada ASN Pemkab Malang hari ini.
banner 468x60

NUSADAILY.COM – NUSADAILY.COM – MALANG – Netralitas ASN dalam Pilkada tahun 2020 menjadi pesan penting di pendopo Agung Malang, Senin (28/9/2020). Acara dihadiri Sjaichul Ghulam PJS Bupati Malang, Wahyu Hidayat Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, George Da Silva Komisioner Bawaslu dan jajaran OPD Kabupaten Malang.

Baca Juga

BACA JUGA: PJS Bupati Malang Sjaichul Ghulam Diperkenalkan ke OPD

Sebagai jajaran pemerintahan yang di percaya masyarakat guna menjalankan berbagai macam tugas dan program yang disusun pemerintah. Maka perlu diadakan sosialisasi bagi para ASN berdasarkan sikap yang dimiliki sebagai pribadi ASN yang menjaga integritas, bertanggung jawab, dan profesional. Sebab ASN adalah salah satu jembatan komunikasi antara masyarakat ke dalam pemerintah.

“Kami mewajibkan untuk seluruh ASN agar mengikuti secara daring di channel youtube yang diadakan oleh kominfo. Guna meningkatkan edukasi yang aman, lancar dan tidak berpihak dalam pilkada 2020,” papar Wahyu Hidayat Sekretaris Daerah Kabupaten Malang

Mampu membangun tanggung jawab dan tidak berpihak kepada paslon manapun, dan dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya berdasarkan Undang-undang nomor 5 tahun 2014 terkait kode etik ASN untuk berperan sebagai pelaksana. Penyelenggara nasional yang profesional yang bebas dari interfensi apapun dan bersih dari KKN.

BACA JUGA: Bupati Malang Mau Cuti Pilkada, Pjs Belum Terisi

Pasal 4 peraturan pemerintah nomor 3 tahun 2010, setiap ASN dilarang memberi dukungan kepada calon kepala daerah dengan cara terlibat dalam kegiatan kampanye. Tidak boleh menggunakan fasilitas dalam kegiatan kampanye, dilarang kegiatan yang mengarah keberpihakan terhadap calon kepala daerah saat dan selama kampanye. Adapun hukuman disiplin bila melanggar netralitas bagi ASN yaitu berupa sanksi sedang maupun berat.

“Saya berpesan kepada ASN agar pada masa kampanye harus berhati-hati dalam ucapan atau tindakan. Jangan sampai ada ASN yang sengaja atau tidak sengaja mendukung salah satu paslon. Sehingga sikap tersebut melanggar netralitas,” tutup Sjaichul Ghulam PJS Bupati Malang.(aje/cak)

Post Terkait

banner 468x60