Idul Adha, Polresta Malang Kota Gelar Penyembelihan Hewan Kurban

  • Whatsapp
Penyembelihan Hewan Kurban
Polresta Malang Kota rayakan Idul Adha 1441 H dengan menyembelih 4 ekor kambing.
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Hari Raya Idul Adha, Polresta Malang Kota menggelar penyembelihan hewan kurban, Jumat (31/7). Ada enam ekor sapi dan 18 ekor kambing yang disembelih. Hewan kurban tersebut merupakan sumbangan dari anggota Polresta Malang Kota.

BACA JUGA: Patroli Akhir Pekan, Satlantas Polresta Malang Kota Razia Kerumunan Pengendara Motor

"
"

Baca Juga

"
"

Sebelum disembelih hewan tersebut harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk dipastikan dalam kondisi sehat.

“Kondisi hewan kurban seluruhnya baik, tidak ada yang berpenyakit,” papar pemeriksa hewan kurban dari Universitas Brawijaya (UB) Malang, drh. Ahmad Fauzi.

Setelah disembelih, lanjut dia, daging hewan kurban tersebut juga kembali dilakukan pengecekan. Hal tersebut untuk menghindari potensi penyakit yang ditularkan oleh hewan kurban kepada manusia, yakni zoonosis.

“Yang ditakutkan penyakit zoonosis, yang ditularkan dari hewan ke manusia. Sejauh ini, kami belum temukan itu. Kondisi dagingnya bagus,” imbuh dia.

BACA JUGA: Duo Jambret Asal Bengkulu Diamankan Polresta Malang Kota

Setelah disembelih, daging kurban tersebut kemudian dikemas menggunakan kantung plastik transparan.

“Lebih baik disimpan memakai kantung plastik transparan. Bila memakai kresek plastik hitam, dikhawatirkan nanti daging kurban akan tercemar dengan plastiknya tersebut,” pungkas dia.

Sementara itu, Kasubbag Humas Polresta Malang Kota, Iptu Ni Made Seruni Marhaeni mengatakan, hewan kurban tersebut nantinya akan dibagikan kepada masyarakat sekitar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kami bagikan kepada masyarakat langsung door to door. Agar tidak terjadi kerumunan masyarakat, karena saat ini masih dalam pandemi covid-19,” kata dia.

Dia menambahkan, selain melakukan penyembelihan hewan kurban di area Polresta Malang Kota, sebanyak 15 hewan kurban telah didistribusikan dan disumbangan kepada masyarakat. Diantaranya, diberikan ke pondok pesantren (ponpes), panti asuhan, lembaga pemasyararakatan (lapas), musholla, dan warga yang ada di Kelurahan Samaan. (nda)

Post Terkait

banner 468x60