Hore, Iuran BPJS Kesehatan Ditanggung Pemkab Sidoarjo Mulai Mei

  • Whatsapp
Kartu kepesertaan BPJS Kesehatan (istimewa)
Kartu kepesertaan BPJS Kesehatan (istimewa)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – SIDOARJO – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo akan segera mengeksekusi BPJS Kesehatan gratis kepada seluruh masyarakat melalui Universal Health Coverage (UHC). Rapat teknis antara Pemkab Sidoarjo dan BPJS Kesehatan sudah dilakukan, hanya tinggal tanda tangan MoU (Memorandum of understanding).

“Tanggal 25 April ini kita teken kerjasama UHC,” kata Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali, saat dikonfirmasi Nusadaily.com, Rabu (21/4/2021).

Baca Juga

Gus Muhdlor panggilan akrabnya, menegaskan setelah semua proses MoU selesai, iuaran peserta BPJS Kesehatan kelas tiga akan ditanggung Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Tapi kalau ada tunggakan sebelumnya harus ditanggung oleh peserta itu sendiri. 

“Kapitasi awal kemarin ada 164 Ribu, dan rapat terakhir ada 107 Ribu. Total anggaran iuran yang dibayarkan Pemkab sekitar Rp 14 Miliar, tiap bulan,” ungkapnya.

Wakil Ketua DPW PKB Jawa Timur itu  menjelaskan alasan program UHC ini sedikit lambatm. Dia harus menyesuaikan skema pelayanan kesehatan di Sidoarjo, terutama puskesmas. 

Kalau semua peserta pelayanannya hanya di Puskesmas maka nanti akan overload. Sebab, Sidoarjo hanya ada 28 Puskesmas, dari yang seharusnya 70-an puskesmas. 

“Makanya kemarin saya pastikan pada BPJS, apakah bisa pelayanannya di rumah sakit swasta ? Alhamdulillah, jawabannya bisa di switch di rumah sakit swasta,” ungkapnya.

Untuk Kapitasi dari setiap puskesmas atau rumah sakit sudah dihitung oleh BPJS kesehatan, agar nanti pada pelaksanaan tidak sampai overload.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Bidang SDM dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo Dodik Widodo memastikan dalam waktu dekat akan dilakukan penandatanganan dengan Bupati dan tiga OPD lainnya (Dinkes, Dinsos dan Dispendukcapil).

“Kita sudah siap laksanakan UHC, tinggal tanda tangan kerjasama saja. Secara keseluruhan masyarakat Sidoarjo 95,90 persen sudah tercover program JKN,” pungkasnya.

Program UHC ini sendiri merupakan perwujudan dari janji kampanye Muhdlor-Subandi yang akan menggratiskan iuran BPJS bagi semua warga Kabupaten Sidoarjo. Dan penerapannya kemudian adalah layanan ini hanya diberikan untuk warga yang tercatat sebagai peserta BPJS kelas 3 saja. (ful/wan)