Fraksi Tanggapi KUPA PPAS P 2020, Wali Kota Blitar Tegaskan Tindaklanjuti Saran dan Masukan

  • Whatsapp
Rapat paripurna DPRD Koata Blitar, Senin 27 Juli 2020.(ist)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – BLITAR – Wali Kota Blitar, Drs H Santoso, M.Pd menegaskan akan menindaklanjuti saran dan masukan fraksi-fraksi DPRD Kota Blitar terhadap Kebijakan Umum Perubahan Anggaran Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUPA PPAS) APBD 2020. Hal itu diungkapkan Santoso kepada Nusasaily.com usai mengikuti rapat paripurna, Senin 27 Juli 2020.

Agenda dalam rapat paripurna diantaranya pandangan umum fraksi DPRD Kabupaten Blitar terhadap KUPA PPAS APBD 2020, jawaban Wali Kota Blitar, serta penyampaian Prognosis semester I tahun 2020.

Baca Juga

“Tentunya kita akan memperhatikan dan menindaklanjuti saran dan masukan semua fraksi. Saran dan masukan akan kita jadikan bahan evaluasi untuk menentukan kebijakan penganggaran,” ujarnya.

BACA JUGA: Wali Kota Blitar Sampaikan Lima Program Prioritas Anggaran 2021

Lebih lanjut Santoso mengatakan, poin-poin dalam KUPA PPAS 2020 adalah bagaimana melakukan realokasi dan recofusing anggaran, untuk lebih konsen terhadap pemulihan ekonomi masyarakat pasca terdampak Covid-19. Sehingga bagaiamana tahun anggaran 2021 juga bisa memperbaiki terhadap kinerja OPD.

“Kegiatan juga banyak fokus bagaimana mengantisipasi pelaksanaan Pilkada 2020. Karena kita tahu sendiri awal desember nanti kan digelar Pilkada,” pungkasnyam

Santoso menambahkan, penguatan fasilitas kesehatan, pengentasan kemiskinan dan sektor pendidikan, serta pemulihan bidang ekonomi menjadi prioritas pemerintah daerah. Kegiatan itu diantaranya berupa pelayanan stimulan terhadap RTLH, serta pembangunan fisik yang belum terlaksana tahun 2020 karena recofusing.

“PAD tahun 2020 banyak berkurang karena sudah diambil kebijakan agar masyarakat mendapat keringanan selama tiga bulan untuk tidak membayar pajak. Baik rumah makan, restauran, maupun rusunawa, karena kondisinya memang tidak mampu. Itu akan berpengaruh twrhadap pelaksanaan APBD 2021,” imbuhnya.(tan/lna)

Post Terkait

banner 468x60