Dua Pohon Tumbang di Jalur Pantura Situbondo, Arus Lalu Lintas Terhambat

  • Whatsapp
pohon tumbang
Petugas BPBD Situbondo saat memotong pohon asam yang tumbang akibat dilanda hujan lebat disertai angin kencang. (istimewa)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – SITUBONDO – Hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan dua buah pohon tumbang dan melintang di badan jalan. Akibatnya arus lalu lintas di Jalur Pantura menuju Probolinggo – Situbondo – Banyuwangi dan sebaliknya, sempat terhambat, Sabtu 3 April 2021.

Jalur yang menghubungkan Situbondo dengan Probolinggo sempat terhambat, setelah pohon jenis trembesi tumbang dan melintang di jalan raya Kalatakan, Kecamatan Kendit, pada pukul 19.00 WIB.

Baca Juga

BACA JUGA: Puluhan Pohon di Padang Tumbang Akibat Angin Kencang

Selain itu, jalur Situbondo menuju Banyuwangi dan sebaliknya juga sempat macet, setelah pohon jenis asam tumbang melintang ke badan jalan, di Jalan Raya Mojosari, Kecamatan Asembagus, pada pukul 20.30 WIB

“Pohon jenis trembesi dan asam tersebut tumbang dan menutup badan jalan di dua lokasi yang berbeda, sehingga kendaraan yang melintas terhambat,” ujar Puriyono, Kordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Situbondo.

Atas kejadian tersebut, lanjut Puriyono, petugas Polsek setempat bersama TNI, BPBD, Tagana serta Satpol PP dibantu personil Damkar dan warga, melakukan pemotongan dan penyingkiran pohon yang melintang di dua lokasi yang berbeda.

“Petugas dari kepolisian, mengatur arus lalu lintas dengan menerapkan sistem buka tutup untuk mengurai kemacetan baik dari Situbondo menuju ke Probolinggo dan Situbondo ke Banyuwangi atau sebaliknya,” ucapnya.

Lebih lanjut, Puriyono mengantakan, petugas di lapangan langsung memotong dua pohon tumbang yang melintang di dua tempat yang berbeda tersebut, agar tidak terjadi kemacetan yang panjang.

BACA JUGA: Puluhan Pohon Tumbang Diterjang Hujan Disertai Angin, 1 Rumah di Magetan Rusak

“Setelah berhasil memotong pohon dengan menggunakan gergaji mesin, selanjutnya batang pohon dievakuasi ke tepi jalan. Arus lalu lintas dari Banyuwangi Situbondo – Probolinggo dan sebaliknya kembali lancar,” tambahnya.

Puriyono menjelaskan, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa ini. Cuaca ekstrim akhir akhir ini yang menyebabkan beberapa pohon tumbang di wilayah Situbondo.

“Pohon tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang serta tekstur tanah yang gembur, sehingga dua pohon tersebut tumbang. Kami mengimbau, agar masyarakat pengguna jalan waspada saat melintas di jalur pantura, karena rawan pohon tumbang akibat dari cuaca ekstrim di akhir akhir ini,” tutupnya. (fat/lna)