Dispendukcapil Kabupaten Malang Layani Drive Thru Lewat Plat N

  • Whatsapp
Warga Kabupaten Malang memanfaatkan pelayanan
Warga Kabupaten Malang memanfaatkan layanan drive thru Dispendukcapil
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Jemput bola Dispendukcapil Kabupaten Malang terus digencarkan melalui program Plat N. Program ini untuk pembuatan KIA (Kartu Indentitas Anak) mulai usia 0 tahun hingga usia 17 tahun kurang sehari. Selain itu penerbitan KTP rusak maupun hilang dilakukan Dispenduk di Desa Curungrejo Kecamatan Kepanjen Malang, Sabtu 14 November 2020.

“Kita membuktikan kepada masyarakat bahwa mengurus administrasi kependudukan tidak ada susahnya. Semua dapat dilakukan secara drive thru seperti ini,” papar Shirath Aziez Plt Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang dilansir Nusadaily.com.

Baca Juga

“Kita mendatangkan pelayanan ini langsung nyata kepada masyarakat, dengan menggunakan Bus Operasional Plat N ini langsung mobile dari satu desa ke desa yang lain,” paparnya.

Dia menjelaskan, bus dilengkapi berbagai fasilitas agar pengajuan permohonan administrasi masyarakat dapat langsung diselesaikan di tempat.

“Jadi masyarakat ajukan, kemudian sambil ditunggu di atas kendaraan tidak usah turun (drive thru). Kita proses untuk kemudian hasilnya dapat diberikan langsung,” sambungnya. 
Kegaiatan seperti ini, kata dia, berlangsung sejak Juli dalam seminggu minimal dua kali. Minggu ini Dispendukcapil tambah sekali pelayanan karena animo masyarakat sangat tinggi.

“Pelayanan ini kita sesuaikan ya. Antara kemampuan petugas lapangan dan jumlah masyarakat yang datang seimbang. Kita tidak ingin membludak dan berdampak kita tidak dapat melayani kebutuhan masyarakat tersebut. Jadi ya tetap pada koridor kemampuan petugasnya agar tercapai pelayanan yang maksimal,” lanjutnya.

Dia menjelaskan, tidak menutup kemungkinan Dispendukcapil menambah petugas lapangan apabila animo masyarakat terus meningkat.

“Biasanya target pelayanan KTP 100 dan KIA 100 setiap hari. Biasanya kita tambah mencapai 150 dan saya kira itu cukup dan tidak kewalahan,” tutup Shirath Aziez. (aje/wan)

Post Terkait

banner 468x60