Dinkes Pasuruan Uji Laboratorium Sumber Air Panas Kepulungan

  • Whatsapp
Warga memanfaatkan sumber air panas di Desa Kepulungan.
banner 468x60

NUSADAILY.COM – PASURUAN – Munculnya sumber air panas di Dusun Gondang Desa Kepulungan Kecamatan Gempol menjadi daya tarik masyarakat. Meski belum dilakukan pembenahan saluran pipa air, masyarakat terus datang untuk mencoba kehangatan air yang dipercaya memiliki khasiat.

Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pasuruan mengambil sample air hangat dan menguji di laboratorium. Hasil uji laboratorium ini mengetahui keamanan dan kandungan kadar air hangat tersebut.

BACA JUGA: Inilah Dua Golongan yang tak Masuk Daftar Vaksinasi Sumenep

Kepala UPT Kesehatan Puskesmas Kepulungan, dr Nur Setiowati menyatakan, Dinkes Kabupaten Pasuruan akan menurunkan tim untuk mengambil sample air dan melakukan uji laboratorium. Hasil uji lab ini akan menjadi pedoman atau kelayakan air untuk dipergunakan masyarakat.

“Air panas ini akan di uji di laboratorium Dinkes Kabupaten Pasuruan. Ini untuk mengetahui kelayakan dan keamanan air bagi kesehatan kulit,” kata Nur Setiowati.

Kepala Desa Kepulungan, Didik Hartono menyambut baik inisiatif
Dinkes mengambil sample air dan melakukan uji laboratorium. Hal ini untuk memberikan jaminan rasa aman bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan air panas tersebut.

BACA JUGA: Kapolres: Belum Ada Kerusakan Akibat Gempa Magnitudo 5,1 di Jayawijaya

Ia menyakini bahwa sumber akr panas ini sangat aman bagi kesehatan. Karena sumber air panas serupa juga pernah keluar dari sumber yang masih dalam wilayah Desa Kepulungan.

“Ada beberapa sumber air panas yang pernah mengalir sejak jaman dahulu. Bahkan di sekitar pasar Kepulungan juga pernah ada. Kami akan menunggu hasil uji laboratorium, sehingga masyarakat merasa nyaman,” tandas Didik Hartono.(oni/kal)