Bupati Jember Dilantik, Halaman Rumahnya Kebanjiran

  • Whatsapp
Luapan air sungai di halaman rumah pribadi Bupati Jember, Hendy Siswanto. (nusadaily.com/sutrisno)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JEMBER – Sejumlah sungai di Kabupaten Jember meluap ke pemukiman warga bersamaan dengan turunnya hujan sangat deras pada Jum’at, 26 Pebruari 2021 petang.

Baca Juga

Salah satunya yang terpantau kondisi sungai Jompo yang airnya meluap ke sekitar pemukiman di Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates. Luapan air termasuk juga meluberi halaman rumah Bupati Jember, Hendy Siswanto.

Posisi kediaman Hendy memang berada persis di lekukan sungai Jompo. Sebelah sisi timur tepat di pinggir sungai, sedangkan sisi selatan hanya berjarak sekitar 15 meter dari bibir sungai yang sebelumnya ambrol akibat pertokoan Jompo amblas setahun lalu.

Saat kejadian air sungai meluap sore ini, kebetulan Hendy sedang tidak berada di rumahnya, karena tengah menjalani proses pelantikan bersama Wakil Bupati, KH Muhamad Balya Firjaun Barlaman di Surabaya.

Menurut Lurah Jember Kidul, Muhammad Deni Hadiatullah kemungkinan besr debit air sungai meninggi lantaran hujan yang berlangsung beberapa jam. Air sempat meluap ke pemukiman warga bahkan ke halaman rumah pribadi yang ditinggali keluarga bupati.

Namun, Deni menyampaikan, kondisi air cepat surut sehingga tidak sampai menimbulkan banjir. “Kami tadi bersama warga membersihkan luapan, sekaligus yang di rumah Pak Bupati sudah bersih,” ungkapnya.

Adapun luapan air kala itu sebatas ke rumah-rumah warga yang jaraknya berdekatan dengan bibir sungai. “Memang sekarang air sungai sudah surut, tetapi kami terus memantau situasi di lapangan,” kata Deni.

Kabupaten Jember memang sangat rawan banjir. Dalam dua bulan belakangan ini, sudah terjadi berbagai kejadian banjir yang melanda belasan wilayah kecamatan. Banjir terparah seperti yang menimpa Desa Wonoasri, dan Andongrejo di Kecamatan Tempurejo; Desa Bangsalsari, Kecamatan Bangsalsari; serta Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sumbersari. (sut/aka)