2022, RKPD Kota Malang Masih Fokus Masalah Covid-19

  • Whatsapp
Wali Kota Malang, Sutiaji setelah menggelar rapat rancangan awal RKPD di Ngalam Command Center (NCC), Rabu (20/1/2021).
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Awal tahun 2021 Pemerintah Kota (Pemkot) Malang sudah menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2022. Dalam tahapan awal, tahun depan Pemkot Malang masih fokus terhadap penyelesaian masalah covid-19.

“Ini ranwal, rencana awal harus melalui pentahapan awal dan harus melalui konsultasi publik. Kami dapatkan masukan dari seluruh perwakilan masyarakat. Mulai dari akademisi, BI, OJK dan lainnya,” terang Wali Kota Malang, Sutiaji.

Dalam rencana tersebut, ada empat perencanaan yang sesuai dengan visi misi Kota Malang. Pertama, peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat saat pandemi, optimalisasi pemberdayaan masyarakat dan kinerja kelurahan/kecamatan tangguh.

“Dalam kelurahan atau kecamatan tangguh tersebut, ada tambahan ketangguhan informasi. Sehingga, masyarakat tidak mudah terkena hoaks,” papar dia.

Selanjutnya, adanya pembangunan infrastruktur secara integratif. “Kami saat ini masih belum punya master plan drainase. Akan segera dibuat untuk mendukung adanya infrastruktur,” kata dia.

Kemudian, rencana terakhir, yakni upaya pemulihan ekonomi dengan menumbuhkan ekonomi kreatif.

“Saat ini, dunia sudah masuk dalam era society 5.0. Masyarakat bisa makmur jiga sama-sama bergerak dengan basic kemanusiaan dan ketuhanan,” sambung Sutiaji.

Setelah tahapan perencanaan selesai, dokumen RKPD akan disetorkan kepada Provinsi Jawa Timur.

“Maksimal bulan Juli sudah kami masukkan ke provinsi. Untuk itu, rangkaian tahapan tersebut diselesaikan sekarang,” tandas dia.(nda/aka)