Kamis, Mei 26, 2022
BerandaOpinion & ArtOpinionCitra Perempuan Sebagai Ibu

Citra Perempuan Sebagai Ibu

Oleh: Dr. Indayani, M.Pd.

Puisi Maskumambang Buat Ibu karya Nenden Lilis merupakan puisi yang menggambarkan peran seorang ibu. Puisi ditulis dengan bahasa sederhana, tetapi dapat menghadirkan nada-nada kegelisahan sehingga dapat menyihir pembaca.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Puisi ini melukiskan kesedihan atau keprihatinan yang mendalam. Setiap larik puisi tersebut, pesyair menggunakan imajinasi untuk menciptakan atmosfer spiritualitas tokoh yang berjuang untuk keluarganya.

Melalui puisi Maskumambang Buat Ibu, dapat ditemukan unsur kebudayaan yang tertanam yaitu gambaran masyarakat pedesaan. Pedesaan memiliki arti kajian struktur sosial atau kehidupan. Pedesaan dianggap sebagai standar dan pemeliharaan sistem kehidupan bermasyarakat dan kebudayaan asli seperti gotong royong, tolong-menolong, paguyuban, persaudaraan, kesenian, kepribadian dalam berpakaian, adat-istiadat, moral-susila, dan lain-lain.

BACA JUGA: Melihat Malaikat Tak Bersayap di Hari Nan Fitri

Unsur kebudayaan yang tertanam pada puisi Maskumambang buat Ibu yaitu wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas serta tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat. Hal tersebut dapat dilihat dari petikan puisi di berikut.

tangan yang setia mengangsur-angsur kayu bakar, demi secerek air teh yang dijerang di atas tungku

Puisi tersebut memiliki makna representasi aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat pedesaan. Berbeda dengan masyarakat kota yang serba modern serta didukung peralatan canggih, masyarakat desa masih menggunakan kayu bakar dalam melakukan kegiatan memasak.

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Bamsoet Apresiasi Kemudahan UMKM Peroleh Sertifikasi Halal

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi langkah Yayasan Al Muttaqien Care yang telah mempermudah pendataan dan verifikasi 10 juta UMKM...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily