Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaOpinion & ArtOpinionEkowisata Desa, Prospektif Sebagai Penguat Ekonomi Rakyat Pascapandemi

Ekowisata Desa, Prospektif Sebagai Penguat Ekonomi Rakyat Pascapandemi

Oleh: M. Mudlofar

Fenomena kemiskinan masih menjadi hal yang menarik untuk dibahas di abad ini. Kemiskinan merupakan masalah sosial yang sangat penting untuk dikurangi bahkan dihilangkan. Kemiskinan adalah kondisi kehilangan atau kekurangan terhadap sumber sumber pemenuhan kebutuhan dasar seperti pangan, sandang, papan, kesehatan, dan pendidikan.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Apabila tidak ada upaya yang sungguh-sungguh untuk mengatasinya, maka suatu bangsa atau negara akan mengalami keterbelakangan.

Badan Pusat Statistik menyebutkan bahwa persentase penduduk miskin September 2021 sebesar 9,71 persen (menurun 0,43 persen poin terhadap Maret 2021). Jumlah penduduk miskin pada September 2021 sebesar 26,50 juta orang (menurun 1,04 juta orang terhadap Maret 2021). Persentase penduduk miskin perdesaan pada Maret 2021 sebesar 13,10 persen, (turun menjadi 12,53 persen pada September 2021).

BACA JUGA: Dunia Tanpa Kertas?

Sementara itu, pada periode yang sama jumlah penduduk miskin perdesaan turun sebanyak 0,73 juta orang (dari 15,37 juta orang pada Maret 2021 menjadi 14,64 juta orang pada September 2021).

Meskipun angka-angka tersebut menunjukkan penurunan, tetap saja permasalahan kemiskinan di Indonesia terutama di wilayah pedesaan masih cukup tinggi nilainya.

Saat ini, pariwisata menjadi salah satu sektor industri yang tengah berkembang pesat. Industri pariwisata dipandang punya prospek cerah dan menjanjikan untuk memberikan keuntungan besar bagi suatu daerah.

Dengan pengelolaan secara intensif dan didukung SDM yang profesional maka ditengarai mampu menjadi penyumbang ekonomi yang cukup besar.

Kekayaaan alam Indonesia dapat dimanfaatkan guna mendorong kesejahteraan rakyatnya. Salah satunya dengan pengembangan di sektor pariwisata. Pariwisata termasuk salah satu sektor pembangunan yang diharapkan dapat menunjang laju pemerataan di bidang pengembangan ekonomi Indonesia.

BERITA KHUSUS

Raih Penghargaan Program Inovasi Digital, Gus Ipul: Terus Layani Masyarakat dengan Cepat

NUSADAILY.COM - PASURUAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan meraih penghargaan kategori program Inovasi Digital pada ajang Merdeka Award 2022, Kamis (24/06). Wali Kota Pasuruan...

BERITA TERBARU

Wow! PSG Untung Rp 10,9 Triliun Berkat Lionel Messi

NUSADAILY.COM - PARIS - Lionel Messi memang gagal mempersembahkan trofi Liga Champions kepada Paris Saint-Germain. Meski begitu, PSG mendulang keuntungan yang amat besar berkat...