Rabu, September 28, 2022
BerandaOpinion & ArtOpinionMasyarakat Multilingual: Sebuah Keprihatinan

Masyarakat Multilingual: Sebuah Keprihatinan

Pergeseran pinjaman juga dapat memperluas jangkauan makna. Misalnya, dalam bahasa Melayu kata bagus berarti ‘baik (perilaku atau kualitas)’. Dalam bahasa Jawa, kata bagus berarti ‘tampan’ (hanya merujuk pada anak laki-laki).

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Dalam bahasa Indonesia modern, kata bagus memiliki dua arti. Terakhir, Loan-translations adalah kata-kata baru yang dikonstruksi dari bentuk Indonesia yang sejajar dengan model komposit Jawa.

Misalnya kabotan ‘pikiran atau objek’ dari abot ‘berat’ yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi ‘keberatan’. Klèru tompo ‘salah paham’ dari klèru ‘salah’ dan tompo ‘menerima’, yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai ‘salah terima’ dari kèliru ‘salah’ dan terima ‘terima’.

Akhirnya, perkembangan linguistik dipengaruhi oleh pinjaman dari bahasa asing. Bahasa asing utama yang memberikan pengaruh terbesar pada perkembangan linguistik bahasa Indonesia adalah bahasa Arab, Inggris dan Belanda, tetapi untuk alasan yang berbeda.

Bahasa Arab, misalnya, telah banyak berpengaruh di Indonesia karena memiliki hubungan yang erat dengan Islam. Dalam konteks Indonesia, Islam adalah agama dengan pemeluknya terbanyak: 88% dari jumlah penduduk’.

Kesimpulannya, dengan sejarah panjangnya pada masa imperialisme, bahasa Indonesia merupakan bahasa yang mapan di Indonesia. Stack (2005:169) berpendapat bahwa ada antara 17 dan 30 juta penutur asli bahasa Indonesia (bahasa Indonesia standar). Ini adalah bahasa masyarakat arus utama.  

*) Djoko Susanto adalah dosen bahasa Inggris di Universitas Islam Negeri Malang dan pengurus Perkumpulan Ilmuwan Sosial Humaniora Indonesia.

BERITA KHUSUS

Enam Poktan Tembakau Situbondo Dapat Bantuan Kendaraan Roda Tiga, Ini Daftarnya

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Enam kelompok tani (Poktan) tembakau di Kabupaten Situbondo bakal mendapat bantuan kendaraan roda tiga. Bantuan itu berasal dari Dinas Pertanian...

BERITA TERBARU

Festival Kopi, Gus Ipul Apresiasi Talenta Muda Kota Pasuruan Kembangkan Industri Kreatif

NUSADAILY.COM - PASURUAN - Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengapresiasi talenta anak-anak muda yang terus berinovasi dan mengembangkan industri kreatif. Sebagai bentuk...