Rapat Rekapitulasi Suara Pilkada Jember

  • Whatsapp
pleno terbuka
KPU Jember menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan dan penetapan penghitungan suara Pilkada Jember di salah satu hotel di Jember pada Rabu (16/12/2020) sore . Rapat pleno tersebut dilanjutkan pada Kamis (17/12/2020) (ANTARA/ Zumrotun Solichah)

NUSADAILY.COM – JEMBER – Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Pilkada Jember yang digelar KPU Kabupaten Jember, Jawa Timur, pada Rabu (16/12) siang hingga malam baru selesai 12 kecamatan dari 31 kecamatan di kabupaten setempat.

BACA JUGA : Hasil Rekapitulasi KPU, Pasangan SanDi Raih Suara Terbanyak – Nusadaily.com

Bacaan Lainnya

“Pagi ini rapat pleno terbuka dilanjutkan kembali dan mudah-mudahan bisa selesai hari ini,” kata Ketua KPU Jember M. Syai’in di Jember, Kamis.

Rapat pleno rekapitulasi pada Rabu berjalan alot karena banyak diwarnai protes dari para saksi pasangan calon bupati dan wakil bupati (cabup-cawabup) yang hadir terkait dengan kesalahan administrasi yang dilakukan penyelenggara pilkada dari tingkat TPS hingga kecamatan.

“12 PPK yang sudah membacakan rekapitulasi suara yakni PPK di Kecamatan Ajung, Ambulu, Arjasa, Balung, Bangsalsari, Gumukmas, Jelbuk, Jenggawah, Jombang, Kalisat, Kaliwates, dan Kencong,” tutur-nya.

BACA JUGA : Petugas Kelelahan, Rekapitulasi Suara Pilkada Jember Terpaksa Diskors – Imperiumdaily.com

Dari rekapitulasi 12 kecamatan tersebut masih menyisakan persoalan dan akan dimintai konfirmasi kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Karena masih ditemukan kendala yang belum selesai soal selisih suara dan persoalan administrasi terkait penulisan data yang tidak tepat di Kecamatan Ajung dan Bangsalsari.

“Ada keberatan dari saksi pasangan calon di Kecamatan Ajung dan Bangsalsari karena ada selisih terkait pengguna hak pilih dengan jumlah suara,” ucap dia.

BACA JUGA : MPR Tegaskan Pilkada Langsung Lebih Menguntungkan Masyarakat – Noktahmerah.com

Ia menjelaskan persoalannya terkait data pemilih dan data pengguna hak pilih oleh PPK di kecamatan itu ditulis sama. Padahal ada selisih sekitar 100 sekian pemilih dan didapati ada pemilih disabilitas ditulis sama dengan pemilih biasa.

Proses Rekapitulasi Mencocokan Data

“Dalam proses rekapitulasi itu kan mencocokan data dan kalau ada selisih akan dikroscek lagi sesuai ketentuan yang berlaku. Sehingga hari ini akan dilanjutkan dengan konfirmasi ulang dari PPK yang bersangkutan,” ujarnya.

Jadwal Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Pilkada Jember tersebut molor dari jadwal semula yang ditentukan hanya pada Rabu (16/12). Namun berlanjut hingga Kamis ini.(ros)