Pelni Sampit Kunjungi Pelabuhan Teluk Segintung Seruyan

  • Whatsapp
Wakil Bupati Seruyan Iswanti (ketiga kiri) saat menerima kunjungan PT Pelni Cabang Sampit di Pelabuhan Teluk Segintung, Sabtu (23/1/2021). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – KUALA PEMBUANG – Wakil Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Iswanti menerima kunjungan pihak PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Sampit di Pelabuhan Teluk Segintung.

“Kami menyambut baik kedatangan pihak Pelni ke Seruyan, untuk melihat langsung situasi Pelabuhan Teluk Segintung, sehingga nantinya pelabuhan ini bisa dimaksimalkan,” katanya di Kuala Pembuang, Sabtu (23/1).

Baca Juga

BACA JUGA : Wagub Kalteng Meninjau Jembatan Muara Teweh-Jingah – Nusadaily.com

Kunjungan tersebut dalam rangka survei Pelabuhan Teluk Segintung terkait dengan rencana pengoperasian kapal penumpang Pelni agar berjalan lancar.

Dengan kunjungan pihak Pelni Sampit ini, dia mengharapkan bisa menambah armada dan rute pelayaran yang telah direncanakan di pelabuhan tersebut, sehingga masyarakat bisa menggunakan fasilitas itu dan mendorong peningkatan perekonomian daerah.

BACA JUGA : Pencuri Uang SPBU saat Salat Jumat Dibekuk Polisi Palangkaraya – Noktahmerah.com

“Hasil kunjungan uji coba bersandarnya Kapal Perintis Sabuk Nusantara 35 (Pelni) di Pelabuhan Segintung berjalan baik dan lancar, dengan rute Semarang-Karimun Jawa, Teluk Segintung-Karimun Jawa, Teluk Segintung-Kuala Jelai, Kuala Jelai-Kendawangan, Kendawangan-Karimun Jawa, serta Karimun Jawa-Semarang,” katanya.

Ia menambahkan dengan optimalnya pengoperasionalan pelabuhan ini, maka akan terwujud Pelabuhan Segintung sebagai pintu gerbang perekonomian kabupaten berjuluk “Bumi Gawi Hantantiring” itu.

BACA JUGA : Pertamina Beri Kontrak Baru untuk Rig Hakuryu-14 – Imperiumdaily.com

“Saya yakin pelabuhan ini akan menjadi salah satu keunggulan Seruyan karena sangat strategis untuk dikembangkan. Baik barang ataupun penumpang, karena langsung berbatasan dengan Laut Jawa. Dari sisi waktu tentu bisa lebih cepat, hanya saja perlu pembenahan dan penambahan fasilitas penunjang, agar berjalan dengan lancar,” ucapnya.

Kepala PT Pelni Cabang Sampit Muhamad Jabir menyampaikan masukan kepada Pemkab Seruyan. Yakni untuk memaksimalkan pelabuhan tersebut perlu adanya perbaikan jalan menuju pelabuhan, serta perbaikan sedikit bangunan terminal karena lama tidak dipakai.

“Akses jalan sangat penting untuk memperlancar aktivitas pelabuhan. Agar kemudian juga terminal yang sudah ada tersebut perlu diperbaiki sedikit karena memang lama tidak terpakai tentu ada yang rusak,” katanya.(lal)