Senin, September 20, 2021
BerandaNewsSri Mulyani Ungkap Keunikan Ekonomi Syariah

Sri Mulyani Ungkap Keunikan Ekonomi Syariah

JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, ekonomi syariah saat ini dinilai mampu menjadi sumber perekonomian baru.

BACA JUGA: Ekonomi Syariah Tumbuh Positif Satu Dekade Terakhir

Dia menyebut, ekonomi syariah bisa menjawab tantangan ekonomi nasional saat ini.

Selanjutnya, kata Ani, sapaannya, ekonomi syariah memiliki keunikan yang sesuai dengan kearifan lokal masyarakat Indonesia. Misalnya kejujuran, keadilan, hingga tolong menolong.

“Kesamaan nilai-nilai ini, bisa mendorong diterapkannya sistem ekonomi syariah secara lebih menyeluruh,” ungkap dia dalam acara KNEKS, Sabtu 24 Oktober 2020.

Dia menyampaikan, hal ini bisa membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional yang terdampak pandemi Corona.

Untuk mendorong ekonomi syariah, pemerintah membentuk Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS). Pasalnya kontribusi syariah ke ekonomi Indonesia, masih belum optimal dan membutuhkan dukungan dari pemerintah dan masyarakat.

BACA JUGA: Bangun Pusat Inkubasi Usaha Halal, Wapres Berharap Ekonomi Syariah Berkembang

Oleh karena itu, ia pun menyambut baik kerja sama yang dilakukan oleh KNEKS dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kerjasama ditujukan untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah.

“Kesepahaman ini, diharapkan dapat mengembangkan dan menggali potensi perekonomian syariah di Indonesia, dalam upaya terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkeadilan,” ulasnya.

Sebelumnya, pulau jawa memberikan pengaruh yang signifikan terhadap ekonomi syariah di Indonesia. Selama satu dekade terakhir, tren terus mengalami peningkatan. Dengan jumlah pesantren mencapai 75,51 persen dari total nasional, Jawa menjadi poros pemberdayaan ekonomi pesantren nasional. (Via/Ian)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

AnyFlip LightBox Embed Demo

popular minggu ini

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

berita khusus

Pemkot Malang Alokasikan Dana Cukai Hasil Tembakau untuk Jaminan Kesehatan

NUSADAILY.COM - MALANG - Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kesehatan memanfaatkan Dana Bagi Hasil (DBH) Cukai Hasil Tembakau (CHT) untuk program pemenuhan dan penyediaan...