Jumat, Mei 27, 2022
BerandaNewsRegionalVaksinasi Tahap Kedua Bagi Pelayan Publik Kota Malang Dimulai Hari Ini

Vaksinasi Tahap Kedua Bagi Pelayan Publik Kota Malang Dimulai Hari Ini

NUSADAILY.COM – MALANG – Proses vaksinasi Covid-19 tahap kedua termin pertama di Kota Malang dimulai hari ini, Rabu (24/2/2021). Salah satunya, dilakukan di Puskesmas Arjuno yang diikuti oleh sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pelayan publik lainnya.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Tahapan vaksinasi kali ini tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya. Calon penerima vaksin akan melakukan registrasi dan pengecekan kesehatan terlebih dahulu. Jika lolos, bisa langsung melakukan vaksinasi. Setelah selesai, penerima vaksin akan langsung diobservasi.

BACA JUGA: Presiden RI Jokowi Akan Hadiri Vaksinasi Massal COVID-19 Bagi Insan Pers

Kepala Puskesmas Arjuno, dr. Ida Megawati mengungkapkan, dalam proses vaksinasi tahap kedua, dosis pertama ini akan diberikan terhadap 280 orang yang bekerja di fasilitas pelayanan publik.

“Untuk ASN di wilayah Pemkot, khususnya di bagian kesra, humas, hukum, perkonomian hingga bagian umum. Serta, penerima vaksin yang bekerja di fasilitas pelayanan publik lainnya. Seperti di kelurahan, kecamatan dan lainnya,” terang dia kepada NusaDaily.com.

Ida menjelaskan, proses vaksinasi tersebut ditargetkan selesai dalam waktu tiga hari, yakni hingga Jumat (26/2/2021).

“Kami berharap, sasaran sebanyak-banyaknya bisa selesai hari ini. Rencananya, hari ini 125 orang, besok 125 orang dan Jumat 30 orang. Mudah-mudahan bisa selesai,” papar dia.

Dalam kegiatan vaksinasi tersebut, pelayanan dibuka mulai pukul 08.00 pagi dengan mengerahkan 10 orang vaksinator.

“Dijadwalkan, akan selesai hingga siang hari. Setelah proses vaksinasi dosis pertama selesai, 14 hari kemudian dilakukan vaksinasi dosis kedua. Vaksinnya harus sama seperti dosis pertama,” tandas dia.

Untuk diketahui, proses vaksinasi tahap kedua dosis pertama dilakukan di 76 fasilitas layanan kesehatan (fasyankes). Seperti klinik, puskesmas dan rs bagi pelayan publik. Diantaranya TNI/Polri, PDAM, ASN, karyawan BUMN/BUMD dan lainnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang kembali menerima vaksin Covid-19 dari Provinsi Jawa Timur, Senin (22/2/2021) malam. Totalnya, yakni sebanyak 40.600 vial.

“Kami sudah menerima vaksin untuk proses vaksinasi tahap kedua,” terang Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, Sri Winarni.

Dia menjelaskan, proses vaksinasi tahap kedua tersebut akan dilakukan oleh petugas pelayanan publik.

BACA JUGA: Komisi D DPRD Surabaya Sarankan Dinkes Menambah Petugas Vaksinasi Tahap II

“Kami akan melakukan pemetaan dari sasaran petugas publik yang diprioritaskan. Seperti guru, petugas keamanan, TNI/Polri dan lainnya,” jelas dia.

Perempuan yang akrab disapa Winarni menguraikan, pendataan akan dilakukan berdasarkan instansi yang menaungi para petugas tersebut.

“Kalau basisnya instansi, akan lebih mudah. Usulannya nanti by name dan by address. Sehingga, lebih mudah pengecekan berdasarkan instansi itu,” papar dia.(nda/lna)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Nicolo Zaniolo Bangkit Jadi Pahlawan AS Roma!

NUSADAILY.COM - TIRANA - Nicolo Zaniolo mendedikasikan gelar Conference League untuk pihak yang di sisinya saat situasi sulit. Ia bangkit menjadi pahlawan AS Roma...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily