Senin, Januari 24, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalTop, Polda Jatim Bongkar 2 Sindikat Narkoba Internasional

Top, Polda Jatim Bongkar 2 Sindikat Narkoba Internasional

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

NUSADAILY.COM-SURABAYA- Tim Polda Jawa Timur, sukses membongkar mafia peredaran narkoba Internasional, Indonesia – Malaysia, Rabu (26/8/2020).

Pengungkapan itu bermula dari penangkapan tiga orang kurir sindikat narkoba. Yang hendak menyelundupkan narkoba jenis sabu dari Jakara, ke Surabaya dan Pasuruan, Selasa (18/6/2020).

Kedua kurir jaringan internasional ini adalah Hari Junanto warga Simo Kalangan, dan Lugianto warga Belahan Nongko, Kecamatan Gempol. Dan Nafiin Saipul warga Dusun Curahrejo, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Selasa (14/7/2020).

Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, mengatakan, penangkapan ketiga tersangka menjadi kurir dari dua jaringan berbeda.

Hari, merupakan jaringan dari Malaysia, dan Lugianto bersama Saipul jaringan Pasuruan.

“Ini dua jaringan yang berbeda. Tentu Polda jatim ingin menyelamatkan masyarakat, warga Jatim seluruhnya d yuridiksi wilayah hukum Polda Jatim dari bahaya narkoba. Khususnya para generasi penerus bangsa, anak muda,” kata Kabid Humas Polda Jawa Timur ini.

Dari pengungkapan jaringan narkoba sabu itu Tim Polda Jatim berhasil mengamankan barang bukti berupa sabu dari Malaysia 5,3 kilogram diamankan Juni lalu. Untuk jaringan Pasuruan sebanyak 3,1 kilogram pada bulan Juli.

“Artinya, wilayah Jatim menjadi sasaran tempat maka perlu dilakukan langkah penegakan hukum,” imbuhnya.

Polda Jatim melakukan proses penyidikan guna memberantas narkoba di Jawa Timur.

Kini ketiga tersangka ditahan di Polda Jatim dan dijerat dengan pasal 112 dan 114 UU terkait narkoba dengan ancaman 15 tahun penjara.

“Untuk proses penyidikan ini, kita bisa mengamankan 2 jaringan sebanyak 8,4 kilogram. Di sini Polda Jatim bisa menyelamatkan kurang lebih sebanyak 20 ribu warga Jatim dari bahaya narkoba,” pungkasnya.(csr/aka)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed