Rabu, Januari 26, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalPlh Sekdaprov Heru Buka Pasar Seni Lukis Indonesia

Plh Sekdaprov Heru Buka Pasar Seni Lukis Indonesia

NUSADAILY.COM – SURABAYA – Setelah vakum dua tahun akibat pandemi Covid-19, Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) 2021 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Sanggar Merah Putih kembali digelar.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Plh Sekretaris Daerah Heru Tjahjono di Gedung JX Internasional, Jalan Ahmad Yani 99, Surabaya, Jumat (3/12/2021), membuka PSLI 2021.

PSLI adalah ajang pertemuan pelukis, galeri, kolektor, dan masyarakat pecinta seni. Kegiatan itu sebagai rangkaian perayaan HUT ke-76 Pemprov Jatim. Persiapan menggelar PSLI 2021 tergolong sangat singkat, sebulan.
Meski demikian, panitia mampu menyediakan 108 booth dengan total 130-140 peserta sejak 3-12 Desember 2021.

Peserta Pasar Seni Lukis ini berasal dari Jatim, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Bali, serta Kalimantan Selatan.

Plh. Sekdaprov Heru Tjahjono mengatakan, seni merupakan ajang aktualisasi diri. Ketika diakui, seringkali menimbulkan euforia dan adrenalin tersendiri.

“Itulah mengapa, datangnya pandemi Covid-19 membuat sektor ini terpuruk dengan kurangnya apresiasi dari masyarakat,” ujarnya.

Penyebaran virus Corona merupakan pukulan bagi berbagai sektor di seluruh negeri. Sebab, efeknya terlihat di seluruh sektor, termasuk seni musik dan lukis.

Heru mengakui, selama krisis Covid-19, dua tahun belakangan, dia telah banyak menyaksikan kesulitan yang dihadapi para seniman. Pasalnya, mereka harus melakukan berbagai cara untuk bertahan hidup.

“Selama ini para seniman ini tidak bisa bergerak. Mereka kesulitan sampai menjual semua peralatannya. Dari mulai cat, kanvas, kuas bahkan seniman musik juga menjual gitar dan alat musiknya,” terangnya.

Maka dari itu, Heru berharap agar pandemi ini cepat berakhir. Agar mereka yang mendalami seni bisa beraktivitas kembali dan dapat menghibur masyarakat pecinta seni.

“Alhamdulillah, Covid memang sudah melandai. Saya berharap situasi ini bisa tetap bertahan agar para seniman bisa beraktivitas. Kegiatan kesenian bisa hidup lagi dan seniman bisa sejahtera,” harapnya.

“Selamat menikmati hasil seni ini. Saya, mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, resmi membuka PSLI. Terima kasih sudah hadir dan berkolaborasi untuk mewujudkan pameran ini,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Sanggar Merah Putih sekaligus Ketua PSLI Muhammad Anis menjelaskan, event kali ini mengusung tema “Ayo Bangkit!” , dan sebagai harapan agar Indonesia bangkit dari keterpurukan.

“Jadi pameran ini merupakan yang pertama sejak pandemi dan mengusung tema ‘Ayo Bangkit!’. Bukan hanya untuk seni lukis tapi juga seluruh negeri. Visi kami adalah menyebarluaskan keindahan. Karena keadaan semakin ruwet dan kacau sehingga sangat penting untuk menjaga kesenian tetap hidup,” tuturnya.

Anis menambahkan, PSLI kali ini sangat ditunggu dan merupakan kesempatan berharga bagi para seniman. Mengingat selama pandemi, mereka tak bisa menunjukkan hasil karyanya.

“Selama pandemi ini, mereka hanya melukis saja. Karena kalau coba buka pameran tunggal, mereka khawatir tidak ada pengunjung yang datang dan khawatir ada resistensi dari pihak terkait. Semoga dengan adanya PSLI ini, masyarakat pecinta seni bisa mengapresiasi,” terangnya.

Untuk karya seni yang dipamerkan memberikan kesempatan bagi para mahasiswa, pelajar, kelompok seni maupun seniman junior memamerkan karyanya. Di samping itu, acara tersebut juga sebagai ajang bertukar ilmu dari seniman senior ke junior.(ima/kal)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed