Jumat, Mei 27, 2022
BerandaNewsRegionalPemkab Malang Bakal Renovasi Kios Rusak Ringan Pasca Kebakaran Pasar Bululawang

Pemkab Malang Bakal Renovasi Kios Rusak Ringan Pasca Kebakaran Pasar Bululawang

NUSADAILY.COM – MALANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang bakal merenovasi kios-kios yang rusak ringan-sedang akibat kebakaran yang terjadi Pasar Bululawang, Kabupaten Malang, Minggu, 16 Januari 2022, lalu.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Sementara kios yang rusak berat baru direlokasi. Rencana renovasi ini dilakukan agar pemkab tak bekerja dua kali dan menghemat anggaran.

“Kalau tim Labfor Polda Jawa Timur sudah menggelar olah TKP dan police line-nya sudah dicabut segera kita akan mengidentifikasi kerusakan. Untuk kios yang rusak ringan dan sedang segera akan kita renovasi,” ungkap Bupati Malang HM Sanusi, Selasa, 18 Januari 2022.

Untuk kios yang rusak berat, lanjut Sanusi, tengah dipertimbangkan lokasi relokasi di depan kantor Kecamatan Bululawang dan trotoar di kawasan jalan alternatif Pasar Bululawang.

“Untuk dananya kita akan menggunakan dana gotong royong dari Pemerintah Kabupaten Malang, CSR dari pengusaha, dan pemilik kios sendiri,” tuturnya.

Atas dasar itu, Pemerintah Kabupaten Malang berharap pedagang yang terdampak kebakaran bersabar terlebih dahulu untuk menunggu kepastian pelaksanaan renovasi.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Malang, Agung Purwantoro menaksir biaya yang dibutuhkan untuk merenovasi kios berkisar Rp 2 juta bagi yang rusak ringan.

“Kalau yang rusak sedang dan berat perlu kita hitung kembali. Pastinya setelah pemeriksaan dari Labfor Polda Jawa Timur nanti,” tuturnya.

Sementara itu, untuk taksiran kerugian dari 51 kios yang terbakar Agung menyebut berdasarkan perhitungannya sekitar Rp 5,2 miliar.

“Perhitungan ini belum selesai, masih sekitar 80 persen. Kemungkinan akan bertambah nanti, tapi tidak banyak,” pungkasnya. (kal)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Asyik Main Air Banjir, Bocah di Gresik Digigit Ular

NUSADAILY.COM – GRESIK  -  Ini peringatan bagi para orang tua agar menjaga anaknya saat bermain air. Karena ada kejadian saat sedang asyik bermain air...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily