Senin, September 26, 2022
BerandaNewsRegionalNapi Juga Boleh Ikut Donor Plasma Konvalesen

Napi Juga Boleh Ikut Donor Plasma Konvalesen

NUSADAILY.COM – MOJOKERTO – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Mojokerto ikut andil dalam penanganan Covid-19. Usai tersedianya layanan donor plasma konvalesen di kota, salah satu petugas Lapas Kelas IIB Mojokerto turut ambil bagian.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Lantaran petugas tersebut merupakan penyintas yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19. “Hanya satu yang ikut pelayanan itu, karena baru terpapar sebulan yang lalu,” ungkap Kepala Lapas Kelas II B Mojokerto Dedi Cahyadi, Sabtu, 13 Februari 2021.

Mantan Karutan Depok ini, menjelaskan petugas tersebut sempat dinyatakan positif akibat tertular istrinya yang merupakan salah satu tenaga kesehatan (nakes) di Rumah Sakit Gatoel, Kota Mojokerto.

BACA JUGA: Razia Kamar Kos Mojokerto, Temukan Pasangan Diduga Pengedar Narkoba

Dedi memaparkan, meski sebelumnya memang terdapat lima pegawai Lapas yang positif, namun mereka tetap tidak bisa menyumbang plasma konvalesen.

Dikarenakan, kasus terpapar tersebut sudah terjadi lebih dari dua bulan lalu. Sedangkan, layanan konvalesen sendiri baru tersedia dalam beberapa bulan lalu.

Alhasil, sejauh ini baru ada seorang penyintas yang diikutkan dalam plasma konvalesen.”Sejauh ini belum ada yang terpapar lagi. Kalau yang lima kemarin mau donor ya percuma karena antibodinya sudah hilang,” imbuhnya.

Donor plasma konvalesen tersebut masih bekerjasama dengan PMI Kota Mojokerto. Di PMI, pendonor hanya melakukan skrining saja. Untuk kegiatan donor darah dilakukan di Unit Transfusi Darah (UTD) Sidoarjo.

Seperti yang diketahui bahwa PMI Kota sendiri juga belum memiliki alat untuk transfusi darah khusus plasma konvalesen.

“Terus, nanti kebutuhan donor ini tetap disetorkan ke PMI untuk stok darah mereka. Jadi bukan untuk Lapas sendiri, istilahnya kita ikut bantu lah,” sambungnya.

BACA JUGA: Tekan Penyebaran Covid-19, Kabupaten Mojokerto Terapkan PPKM Mikro 14 Hari

Menurut keterangannya, jika memang ada kasus terkonfirmasi lagi tak menutup kemungkinan donor plasma konvalesen tak hanya dilakukan khusus pegawai saja.

Nantinya, para napi yang sudah menjadi penyintas pun juga akan diarahkan. Untuk mendonorkan plasma konvalesen di PMI Kota Mojokerto.

“Karena mencari pendonor khusus konvalesen ini kan memang masih susah, jika ada yang penyintas ya kami bantu sebisa mungkin. Sebab ini wujud kemanusiaan,” tandasnya.(din/lna)

BERITA KHUSUS

Unipma Lakukan Pengabdian Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digitalisasi Pasar Desa Klumutan Saradan Madiun

NUSADAILY.COM – MADIUN - Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang saat ini dihadapi oleh sebagian besar masyarakat kita, khususnya masyarakat yang tinggal di pedesaan....

BERITA TERBARU

Wow! Baby L Pakai Selimut Hermes yang Harganya Capai Rp14 Juta

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Menjadi Baby L mungkin merupakan keinginan dari banyak orang. Apalagi sejak kecil, Baby Leslar kerap mengenakan pakaian dan aksesoris yang tak kalah mahal dari...